Breaking News

Tak Kunjung Didaftarkan sebagai Peserta BPJS, Tak Ada Instansi Yang Merasa Bertanggung Jawab, Nasib 600-an Buruh PT Long Teng Iron & Steel Urusan Siapa?

DTak Kunjung Didaftarkan sebagai Peserta BPJS, Tak Ada Instansi Yang Merasa Bertanggung Jawab, Nasib 600-an Buruh PT Long Teng Iron & Steel Urusan Siapa?

Setahun lebih dilaporkan ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), sekitar 600 lebih karyawan PT Long Teng Iron and Steel tak juga didaftarkan sebagai peserta BPJS.

 

Padahal pengajuan pendaftaran sebagai anggota BPJS sudah dilakukan sejak tahun 2015.

 

Kepala Humas BPJS Kesehatan Pusat, Irfan Humaidi mengatakan, mereka sudah berulangkali mengirimkan surat kepada pihak perusahaan agar segera mendaftarkan karyawannya ke BPJS Kesehatan.

 

Bahkan, BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa sudah memberikan peringatan keras kepada perusahaan. “BPJS Kesehatan sudah melakukan upaya sesuai ketentuan yang berlaku, bahkan sudah melayangkan surat peringatan,” kata Irfan lewat pesan singkat, Kamis (02/03/2017).

 

Setelah dilaporkan oleh karyawan PT Long Teng Iron and Steel yang merupakan Pengurus Komisariat Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (PK SBSI) pada tahun 2015 lalu, hingga saat ini belum juga ada yang didaftarkan menjadi anggota BPJS Kesehatan.

 

Menurut Irfan,  BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa sudah melaporkan hal tersebut ke Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang.

 

“Tindakan yang dapat dilakukan oleh BPJS Kesehatan sesuai kewenangannya yang diatur dalam peraturan perundangan, dan bahkan sudah dikomunikasikan juga ke Disnaker setempat,” tambahnya.

 

Tingginya angka kecelakaan kerja di PT Long Teng Iron and Steel bahkan sudah memakan korban. Bahkan ada karyawan yang bekerja di PT Long Teng Iron and Steel yang jari tangannya putus akibat kecelakaan kerja.

 

Kecelakaan kerja yang kerap terjadi di perusahaan peleburan baja milik warga negara Tiongkok tersebut bukanlah tanggung jawab dari BPJS Kesehatan.

 

“Terkait kecelakaan kerja bukan domain BPJS Kesehatan,” pungkasnya.(Nando)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*