Breaking News

Tak Kunjung Daftarkan Karyawan PT Long Teng Iron & Steel Sebagai Peserta BPJS, Kinerja Dinas Ketenagakerjaan Tangerang Dipertanyakan

Pengurus SBSI bertemu dengan Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang Dany di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang, Senin (6/2/2017).

Kinerja Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Tangerang dipertanyakan lantaran masih membiarkan pihak PT Long Teng Iron & Steel tak kunjung mendaftarkan sebanyak 600-an karyawannya sebagai peserta program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Ketua Pengurus Komisariat Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (PK SBSI) di PT Long Teng Iron & Steel, Siswoyo mengatakan pihak Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Tangerang tidak memperdulikan laporan karyawan PT Long Teng Iron & Steell terkait perilaku buruk yang dilakukan oleh pihak Perusahaan milik Warga Negara Tionkok tersebut.

“Sampai saat ini belum ada tindak lanjut yang dilakukan oleh Disnaker Kabupaten Tangerang,” ungkap Siswoyo saat mempertanyakan kelanjutan kepersetaan mereka di Kantor BPJS Kesehatan Pasar Kemis, Senin (6/2/2017).

Dia mengungkap, selama ini, di perusahaan peleburan logam itu, sudah banyak terjadi kecelakaan kerja kepada karyawan. Namun, pihak manajemen perusahaan tidak ada pertanggungjawaban. “Hal itu pun sudah berkali-kali kami sampaikan ke pihak Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang, tidak digubris juga,” ujar Siswoyo.

Siswoyo mengatakan, selain melaporkan dan memberikan bukti-bukti nyata para buruh juga beberapa kali mengadakan pertemuan yang dihadiri pejabat Dinas tenaga kerja, namun pihak Disnaker tidak juga menindaklanjuti laporan buruh.

“Kami sudah pernah melaporkan, dan kami juga sudah pernah memberikan foto-foto kecelakaan yang dialami oleh rekan-rekan kami dan juga sudah konsultasi. Tidak ada tindak lanjut,” ujarnya.

Kini, Siswoyo dan rekan-rekannya semakin mencurigai dan mempertanyakan kinerja Disnakertrans Kabupaten Tangerang atas laporan mereka. Dia menduga, laporan mereka tidak ditindaklanjuti lantaran pihak Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang ada main dengan manajemen PT Long Teng Iron & Steel. “Soalnya pihak dinas ketenagakerjaan sering datang ke PT Long Teng Iron & Steel, dan tetap tidak ada tindak lanjut atas laporan kami,” pungkas Siswoyo.(Nando)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*