Breaking News

Surati Dinas Ketenagakerjaan Batam, Kemenaker Melarang KSBSI Beroperasi Pakai Logonya Muchtar Pakpahan

Surati Dinas Ketenagakerjaan Batam, Kemenaker Melarang KSBSI Pakai Logo Milik Muchtar Pakpahan.

Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Kemenakertrans) mengeluarkan surat larangan bagi Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) beserta Federasinya menggunakan Logo, Nama, Mars, dan Tri Darma Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Pimpinan Prof Dr Muchtar Pakpahan, SH., MA.

 

Surat yang ditujukan kepada Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam, Provinsi Riau oleh Kemenaker Trans Melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenagakerja dengan nomor surat B 75/PHIJSK/KKHI/IV/2017 yang menyatakan melarang KSBSI untuk menggunakan Logo, Nama, Mars, dan Tri Darma SBSI.

 

Berdasarkan surat yang dikeluarkan tersebut, Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenagakerja menmyatakan bahwa pelarangan tersebut sah sesuai dengan putusan Mahkamah Agung (MA).

 

“Mengenai keberadaan KSBSI berdasarkan Putusan nomor : 378/Pdt.Sus – HKI / 2015 tanggal 27 Juli 2015, Mahkamah Agung (MA) telah memutuskan, menyatakan sah dan mengikat putusan Provisi yang melarang para tergugat menggunakan, memakai atas Logo SBSI, Nama SBSI, Mars SBSI dan Thri Dharma SBSI sejak Putusan Provisi dikeluarkan Pengadilan Niaga dan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat walaupun ada upaya Hukum para tergugat,” demikian kutipan surat itu.

 

Dalam surat tersebut juga ditegaskan, jika KSBSI dan Federasinya masih juga menggunakan Logo, Nama, Mars, dan Tri Darma SBSI tanpa adanya persetujuan dari pemiliknya yang sah, maka dapat dipidana, karena dianggap melakukan pelanggaran hukum.

 

“Putusan MA Nomor : 378/Pdt.Sus – HKI / 2015 tanggal 27 Juli 2015 telah berkekuatan hukum tetap dan merupakan putusan yang bersifat final  sehingga berlaku dan mengikat bagi para pihak,” demikian bunyi surat tersebut.(Nando)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*