Breaking News

Sudah Dikepung Namun Belum Berhasil Menangkap Teroris Poso, Operasi Tinombala Diperpanjang 60 Hari

Perburuan Kelompok Teroris Santoso di Poso belum berhasil, Operasi Tinombala pun diperpanjang.

Aparat gabungan TNI dan Polri akan terus memburu kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang dipimpin Abu Wardah Alias Santoso. Operasi Tinombala yang melakukan perburuan sudah habis masa kerjanya dan akan dilakukan perpanjangan lagi sampai 60 hari ke depan.

Ada 2.000 personil Aparat gabungan TNI-Polri yang melakukan pengejaran terhadap Kelompok Santoso dalam Operasi Tinombala.

“Kita bertekad terus melakukan pengejaran terhadap Kelompok Santoso. Kita tidak ingin kelompok ini menjadi besar dan kemudian mengancam kehidupan masyarakat,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Brigjen Boy Rafly Amar di Mabes Polri, Selasa (10/5/2016).

Perpanjangan masa tugas Operasi Tinombala ini, lanjut Boy, merupakan tekad dari aparat TNI-Polri untuk menuntaskan perburuan terhadap Kelompok Santoso Cs.

Santoso dan para pengikutnya yang saat ini berada salah satu pegunungan di Poso, sudah dikepung aparat Satgas Tinombala. Namun, sulitnya medan yang harus dilalui aparat gabungan TNI-Polri membuat proses perburuan melambatkan langkah mereka untuk segera menuntaskan kelompok MIT tersebut.

“Kita sudah melakukan pengepungan dari berbagai arah. Kita lihat medannya sangat berat. Tentu ini tidak bisa dalam waktu singkat. Artinya, mereka juga mobile, tetapi titik koordinat mereka pada umumnya sudah diketahui, hanya untuk mencapai dan menemukan mereka perlu perjuangan. Perpanjangan masa operasi ini dapat menjadi solusi menemukan tempat persembunyian mereka,” jelas Boy.

Aparat gabungan juga sudah memperluas pencarian kelompok Santoso di Pulau Sulawesi , dari Desa Patiwunga, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, sampai ke dataran Napu yang meliputi Kecamatan Lore Utara, Lore Timur, Lore Piore, dan Lore Tengah.

Operasi Tinombala diperpanjang setelah batas waktu yang sudah ditetapkan sebelumnya belum juga berhasil menangkap Santoso dan kelompoknya. Operasi perburuan kelompok MIT ini seharusnya sudah berakhir pada Minggu 8 Mei 2016.

Diperkirakan, saat ini kelompok Santoso berjumlah 24 orang dan terus bersembunyi di dalam hutan di Poso. Kelompok ini juga dikabarkan memiliki senjata yang lengkap.(Tornando)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*