Breaking News

Setahun Minta Didaftarkan Sebagai Peserta BPJS, PT Long Teng Iron & Steel Malah Cueki Buruh dan Pejabat

Setahun Minta Didaftarkan Sebagai Peserta BPJS, PT Long Teng Iron & Steel Malah Cueki Buruh dan Pejabat terkait.

Sudah satu tahun lebih Karyawan PT Long Teng Iron & Steel meminta kepada perusahaan agar mereka didaftarkan sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), namun sampai saat ini pihak perusahaan tidak mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan oleh Undang Undang itu.

 

Padahal, paling tidak sudah ada pertemuan yang dilakukan dengan para pihak perusahaan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang untuk menjalankan program Pemerintah tersebut.

 

Ketua Pengurus Komisariat Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (PK SBSI) di PT Long Teng Iron & Steel, Siswoyo mengatakan, ada permainan yang dilakukan oleh perusahaan dengan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang dan beberapa petinggi di Kabupaten Tangerang.

 

“Pada tanggal 19 Oktober 2016 lalu kami sudah melakukan pertemuan di PT Long Teng Iron & Steel. Saat itu yang hadir Bupati Kabupaten Tangerang, Dinas Ketenagakerjaan, Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang dan Pihak Kepolisian,” kata Siswoyo, Senin (20/02/207).

 

Dalam pertemuan itu, Siswoyo mengatakan, sudah ada kesepakatan yang ditandatangani oleh Dinas Ketenagakerjaan bersama pihak BPJS yang disaksikan langsung oleh Bupati Tangerang. Pada pertemuan tersebut, mereka hanya meminta agar segera didaftarkan sebagai peserta BPJS. Namun, hingga saat ini belum ada hasil dari pertemuan pada 19 Oktober 2016 tersebut yang terlaksana.

 

“Pada pertemuan itu kami hanya meminta agar kami didaftarkan menjadi peserta BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan,” ungkap Siswoyo.

 

Para Pejabat di Dinas Ketenagakerjaan yang sebelumnya menangani permasahalan tersebut, lanjut Siswoyo, sudah dimutasi dan sampai saat ini belum ada perkembangan terkait dengan pendaftaran BPJS yang mereka mohonkan kepada perusahaan.

 

Tidak hanya itu, BPJS Ketenagakerjaan juga diam dengan permasalahan yang saat ini mereka alami. Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pasar Kemis juga sudah tiga kali diganti.

 

Menurut Siswoyo, pada saat pertemuan tersebut, Pengawas BPJS Ketenagakerjaan yang hadir pada pertemuan tersebut sudah memerintahkan pihak perusahaan untuk segera menjalankan program pemerintah tersebut.

 

“Saya juga sudah datangi Dinas Ketenagakerjaan, dan mereka yang sebelumnya mengangani kasus kami ini sudah dimutasi semua. Salah satunya Pak Agus Salim. Kemudian pada pertemuan itu juga, Pak Diding selaku pengawas BPJS sudah menyampaikan kepada pihak perusahaan agar segera mendaftarkan kami ke BPJS,” ucap Siswoyo.

 

Sebelumnya Siswoyo mengatakan, angka kecelakaan kerja yang dialami oleh para karyawan di Perusahaan peleburan baja milik warga negara Cina tersebut sangat tinggi. Beberapa kecelakan yang pernah dialami oleh para karyawan tersebut juga sudah pernah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang, namun tidak ada tindak lanjut yang dilakukan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tengerang hingga saat ini.

 

Selain itu, saat dikonfirmasi, salah seorang pejabat Dinas Ketenagakerjaan yang disebutkan oleh Siswoyo yang pernah menangani kasus tersebut tidak mau memberikan keterangan.

 

“Dalam hal ini saya tidak memiliki kewenangan memberikan tanggapan,” ucapnya.(Nando)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*