Breaking News

Sasar Kalangan Muda, AMPI DKI Rebut Kaum Milenial

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) DKI Jakarta, Gaya Kartasasmita.

Ruang kaum muda Indonesia sangat luas, terbukti dengan banyaknya jumlah penduduk Indonesia berusia muda. Namun sayang, sering kali pemuda terjebak pada segmen-segmen yang tidak sesuai dengan karakter Keindonesiaan.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) DKI Jakarta, Gaya Kartasasmita menyampaikan, kalangan muda yang kini sering disebut sebagai kaum milenial harus direbut untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik lagi.

Hal itu disampaikan Gaya Kartasasmita pada  Pelantikan Pengurus DPD AMPI Provinsi DKI Jakarta, di Kantor DPD Golkar, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (09/06/2018).

“Para generasi milenial Indonesia saat ini diharapkan bisa menjadi idea maker agar bisa melahirkan gagasan-gagasan yang inovatif di segala bidang,” tutur Gaya.

Aktivis Perempuan ini mengatakan, kaum muda perlu memahami persoalan kehidupan masyarakat, agar bisa menciptakan ide yang tepat sasaran dan berguna untuk menuntas problem-problem sosial yang terjadi di depan mata.

Sebagai contoh, lanjut Gaya, Jakarta sebagai Ibukota Indonesia selalu menjadi diorama yang menyuguhkan keindahannya bagi masyarakat.

Di Jakarta juga pusat pemerintahan, bisnis dan lifestyle berdiri dan melahirkan segudang ide inovatif yang dimotori oleh generasi muda milenial.

Menurut putri salah seorang dedengkot Golkar ini, di tengah persaingan global saat ini, perkembangan teknologi melaju sangat cepat, sehingga hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi generasi milenial.

“Aspek dalam kehidupan masyarakat tidak luput terjadi perubahan dinamika sosial seiring dengan perkembangan teknologi, Apalagi saat ini sudah memasuki era revolusi industri 4.0 yang dimana peran manusia dan teknologi harus berjalan dinamis agar meningkatkan produktivitas ekonomi maupun social,” tuturnya.

Maka dari itu, AMPI DPD DKI Jakarta selaku Organisasi Masyarakat yang bergerak di sektor kepemudaan yang dipimpin oleh Gaya Kartasasmita melantik struktur kepengurusan masa bakti 2017-2022.

Para calon pengurus DPD AMPI DKI Jakarta, lanjutnya, diisi oleh generasi milenial yang berlatar belakang dari berbagai bidang mulai dari akademisi, praktisi, aktivis, dan lain-lain.

“Yang kedepannya akan saling berkombinasi untuk melahirkan gagasan-gagasan program yang bercorak milenial, tetapi bisa menyentuh segala golongan masyarakat yang ada di Jakarta,” ujarnya.

Optimisme tersebut muncul, menurut dia, karena di era pemerintahan Presiden Joko Widodo generasi milenial diberikan ruang kreasi untuk mengimplementasikan gagasan inovatifnya.

Hal itu sangat selaras dengan tagline MillenialNationalism yang saat ini menjadi grand issue yang terus disuarakan oleh DPP AMPI dan dapat diteruskan oleh DPD-DPD AMPI yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal itu perlu, lanjutnya,  untuk meningkatkan partisipasi pemuda  agar terus menyumbangkan ide dan pemikirannya demi kemajuan bangsa.

“AMPI DKI Jakarta memiliki tanggung jawab besar karena berdiri di wilayah administrasi Ibukota harus bisa menjadi rolemodel bagi ormas-ormas kepemudaan yang ada di Jakarta,” ujarnya.

Dengan pengurus yang baru, Gaya berharap bisa memberikan warna baru, semangat baru dan ide-ide baru, yang kedepannya bisa menjadi magnet bagi generasi milenial yang ada di ibukota.

“Untuk partisipatif dalam rangka jangka panjang kemajuan ibukota dalam menatap Indonesia emas 2045,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan, AMPI sebagai wadah yang bisa berkarya nyata bagi masyarakat. Wacana harus direalisasikan dalam gerakan kepemudaan, terlebih bagi AMPI sebagai tempat berhimpun aktivis-aktivis berjiwa pembaharuan.

AMPI harus mampu menajadi tempat bernaung generasi milineal. “Pemuda harus ikut berkarya dan nimbrung bareng di tengah masyarakat dalam hal apapun, baik segi olahraga, diskusi, kewirausahaan dan sebagainya,” kata Gaya Kartasasmita.

Menurutnya, peran pemuda tidak bisa disepelekan. Peran pemuda itu sangat luas karena pemuda adalah cikal bakal penerus perjuangan bangsa dan negara. Utuh dan tegaknya negara tidak boleh lepas dari peran pemuda. Sehingga pemuda wajib hukumnya berperan aktif dan berkontribusi secara riil dalam kehidupan bermasyarakat.

“AMPI merupakan sebuah sarana yang kongkrit untuk mengaplikasikan gagasan dan ide yang dimiliki. Pemuda kuat. Generasi Milineal adalah generasi hebat, rumah yang cocok bagi mereka adalah AMPI, karena AMPI telah punya konsep dan program kerja yang sesuai harapan kaum muda milineal” pungkasnya.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*