Breaking News

Ribuan Warga Miskin Kabupaten Cirebon Belum Terima KIS Jamkesda

Sekitar 1700 warga kurang mampu atau miskin di Kabupaten Cirebon hingga tiga bulan terakhir belum menerima Kartu Indonesia Sehat Jaminan Kesehatan Daerah (KIS Jamkesda). Padahal KIS Jamkesda Kabupaten Cirebon sudah dicetak per tanggal 28 Februari 2017 lalu oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Cirebon dengan masa aktif per 1 April 2017.

 

“Pada bulan Januari 2017, Sunjaya Purwadi Bupati Kabupaten Cirebon telah menandatangani pencairan Dana Jamkesda tersebut. Menurut informasi yang kami terima dari BPJS Kesehatan sudah menyerahkan ke Dinas Kesehatan setempat. Kemudian berlanjut ke Dinas Sosial melalui Balinsos,” kata Koordinator MP BPJS, Hery Susanto dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat (30/06/2017).

 

Menurut Hery, instansi yang menyalurkan KIS Jamkesda seharusnya sudah mendistribusikannya, namun sampai saat ini ribuan warga kurang mampu belum menerima jaminan kesehatan yang merupakan hak mereka dari pemerintah daerah.

 

“Permasalahan itu menyebabkan banyak warga miskin yang mengeluhkan tidak dapat dirawat jalan maupun rawat inap di Rumah Sakit mitra BPJS. Hingga akhirnya terpaksa masuk dengan tanggungan sebagai pasien umum dengan berbayar,” ujarnya.

 

Selain itu, lanjutnya, banyak warga yang hendak mengurus menjadi peserta BPJS Kesehatan mandiri harus menelan kecewa karena tidak terdaftar oleh sistem sehingga data mereka tidak masuk sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran Jamkesda. Hal ini dapat beresiko banyaknya warga yang tidak mendapatkan pelayanan Kesehatan sebagai peserta BPJS.

 

“Kondisi ini jelas memperparah pelayanan BPJS Kesehatan bagi warga kurang mampu. Patut diduga kelalaian ini disengaja lantaran Bupati dan Kepala Dinas terkait sedang sibuk menjelang hajatan Pilkada Serentak mendatang,” katanya.

 

Menurut Hery, hal ini terjadi lantaran Bupati dan jajarannya sedang pecah kongsi akibat persaingan politik. Kejadian ini sangat disayangkan mengingat nasib rakyat kurang mampu yang menjadi korban pertarungan elite.

 

“Untuk itu kami mendesak agar Pemda Kabupaten Cirebon segera menuntaskan distribusi KIS Jamkesda bagi warga miskin dan membagikan serentak. Jangan menyiksa warga miskin hingga mengalami kesusahan mendapatkan hak untuk pelayanan kesehatannya,” ujarnya.(Richard)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*