Breaking News

Rayakan Paskah, Di Papua Kostrad Sumbangkan 27.500 Alkitab Dan Gelar Pengobatan Gratis

Rayakan Paskah, Di Papua Kostrad Sumbangkan 27.500 Alkitab Dan Gelar Pengobatan Gratis.

Hari Raya Paskah merupakan perayaan besar bagi umat Kristen di seluruh dunia. Pesta Paskah bagi umat Kristen melambangkan kemenangan atas maut, di mana Yesus Kristus yang telah disalibkan dan dimakamkan akhirnya bangkit dari kuburnya pada hari ketiga.

Sehingga Pesta Paskah dirayakan besar-besaran oleh seluruh umat Kristen. Rangkaian perayaan Paskah sering dikenal sebagai Tri Hari Suci yang dimulai dari Perayaan Kamis Putih untuk mengenangkan perjamuan terakhir Yesus dengan para murid-murid-Nya, dilanjutkan dengan Perayaan Jumat Agung untuk mengenang wafat Yesus Kristus, dan puncaknya pada Perayaan Pesta Paskah yaitu untuk merayakan kebangkitan Yesus Kristus dari alam maut setelah dimakamkan tiga hari lamanya.

Untuk memeriahkan Pesta Kebangkitan Yesus Kristus, Satgas Pamrahan Yonif Raider 509 Kostrad di bawah pimpinan Mayor Inf Beny Setiyanto selaku Dansatgas yang bertugas di Papua dan Papua Barat juga tidak mau ketinggalan untuk bersama-sama dengan umat Kristen merayakan Pesta Paskah sebagai perwujudan bahwa TNI adalah tentara rakyat.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509 Kostrad dalam memeriahkan Pesta Paskah adalah dengan memberikan sumbangan Alkitab sebanyak 27.500 buah. Bertempat di Sekolah Alkitab Mulia Kabupaten Puncak Jaya tanggal 27 Maret 2016, secara simbolis penyerahan sumbangan Alkitab diserahkan langsung oleh Mayor Inf Beny Setiyanto didampingi oleh Lettu Inf Sujito selaku Pasi Intel/Ter kepada Kepala Sekolah Alkitab Mulia yang disaksikan langsung oleh para mahasiswa Teologia yang sedang belajar Alkitab di sekolah tersebut.

Alkitab yang disumbangkan tersebut diterima langsung oleh Kepala Sekolah Alkitab Mulia Pendeta Enar Wonda S.Th didampingi Ketua Kalsis GIDI Mulia Pdt. Dainus Dame S.Th. Sebagai ucapan terima kasih, Pdt. Enar Wonda S.Th memberikan kenang-kenangan kepada Satgas Yonif Raider 509 Kostrad berupa Alkitab dalam bahasa Suku Dani.

Dalam penyerahan Alkitab tersebut, Dansatgas menyampaikan bahwa disamping tugas pokok pengamanan di Papua dan Papua Barat, Satgas Yonif Raider 509 Kostrad juga melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menyetuh langsung dengan kebutuhan masyarakat setempat dan Perayaan Pesta Paskah merupakan momentum yang tepat dengan menyerahkan sumbangan Alkitab kepada umat Kristen di Papua dan Papua Barat. Diharapkan Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509 Kostrad bisa menjadi “Garam dan Terang Serta Berkat” bagi masyarakat sehingga bisa mempererat kemanunggalan TNI dan Rakyat.

“Saya sebagai pribadi sekaligus mewakili seluruh anggota Yonif Raider 509 Kostrad mengucapkan Selamat Hari Raya Paskah tahu 2016 bagi seluruh umat Kristen, semoga Tuhan selalu memberkati,” tutur Dansatgas.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah Alkitab Mulia Bapak Pdt. Enar Wonda S.Th di dampingi Ketua Kalsis GIDI Pdt. Dainus Dame S.Th sangat berterima kasih kepada Komandan dan Satgas Pamrahwan Yonif 509 Kostrad yang telah memberikan sumbangan Alkitab di Papua dan Papua Barat, khususnya di Sekolah Alkitab Mulia Kabupaten Puncak Jaya.

Selama ini, menurut Pdt Enar Wonda, sebagian besar umat Kristen khusunya Gereja GIDI masih menggunakan Alkitab dalam Bahasa Dani, sehingga sumbangan Alkitab dalam bahasa Indonesia tersebut akan sangat membantu jemaat yang ada dan para Mahasiswa Sekolah Alkitab Mulia dalam proses perkuliahannya.

Pdt. Enar Wonda S.Th menambahkan juga bahwa Alkitab yang diserahkan Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509 Kostrad akan diprioritaskan untuk Mahasiswa Sekolah Alkitab Mulia dan selebihnya akan di berikan kepada jemaat GIDI yang ada di pedalaman Kabupaten Puncak Jaya.

“Sudah lama Jemaat khususnya di Puncak Jaya meminta sumbangan Alkitab dalam bahasa Indonesia tapi tidak kunjung ada dan Satgas Yonif Raider 509 Kostrad yang pertama memberikan sumbangan Alkitab,” ujar Pdt. Enar Wonda.

Dalam Kesempatan yang sama, masih dalam memeriahkan Perayaan Pesta Paskah 2016, Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509 Kostrad juga melaksanakan Pengobatan Massal dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada Masyarakat dan Mahasiswa Sekolah Alkitab Mulia Kabupaten Puncak Jaya.

Kegiatan Pengobatan Massal dan pemeriksaan kesehatan gratis ini dipimpin langsung oleh Lettu Ckm dr. Arnov Lahira Eriskan selaku Dokter Satgas Yonif Raider 509 Kostrad dibantu Tim Kesehatan Satgas bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Puncak Jaya dan Ikatan Forum Dokter Puncak Jaya.

Pengobatan massal ini ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Papua khususnya Mahasiswa Sekolah Alkitab Mulia, dan juga sebagai upaya territorial dari Satgas Pamrahwan Yonif 509/R dalam rangka mengambil hati dan simpati dari masyarakat.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, hampir seluruh  Mahasiswa Sekolah Alkitab Mulia beserta keluarganya datang untuk mendapatkan pemeriksaan serta pengobatan gratis dari Tim Kesehatan.

“Satgas akan memberdayakan semaksimal mungkin tenaga kesehatan dan obat-obatan yang dimiliki serta berkoordinasi dengan pihak terkait, dalam hal ini Dinas Kesehatan Puncak Jaya dan Ikatan Forum Dokter Puncak Jaya untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat disini”, kata Dansatgas Yonif Raider 509 Kostrad.

Menurut Dokter Satgas, sebagian besar penyakit yang diderita oleh masyarakat adalah ISPA (infeksi Saluran Pernafasan), nyeri pada persendian, nyeri kepala, demam, gatal-gatal serta luka-luka.

“Dan sebagian besar masyarakat masih kurang tingkat kesadarannya akan pentingnya hygienitas diri dan sanitasi lingkungan, sehingga mereka mudah untuk terkena penyakit,” ujarnya.(JR-1)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*