Breaking News

PT Long Teng Iron & Steel Tak Kunjung Daftarkan Buruhnya, BPJS Kok Diam Aja?

Sebanyak 600-an karyawan PT Long Teng Iron & Steel belum daftar BPJS. Katanya masih mengumpulkan data. Sampai kapan?

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tigaraksa dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang diam dengan persoalan yang dialami kurang lebih 600 karyawan PT Long Teng Iron and Steel.

 

Persoalan pendaftaran BPJS yang sudah diajukan sejak 2015 lalu oleh karyawan PT Long Teng Iron and Steel, hingga saat ini belum juga mendapatkan hasil. Pihak BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan sampai saat ini masih diam dengan persoalan yang dialami oleh para buruh.

 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa, Shanti Lestari mengatakan, sampai saat ini masih terus berupaya untuk menyelesaikan persoalan karyawan PT Long Teng Iron and Steel tersebut. Ia pun mengatakan selalu berkoordinasi dengan para karyawan yang PT Long Teng Iron and Steel yang melaporkan hal tersebut.

 

” Tiap kegiatan kami punya evidence berita acara kunjungan,” kata Shanti saat di konfirmasi oleh media sinarkeadilan, Senin (27/02/2017).

 

Sementara itu, salah satu Pengurus Komisariat Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI), Buyung mengatakan, sampai saat ini mereka belum melihat adanya perkembangan. Sudah setahun lebih mereka meminta agar mereka didaftarkan menjadi peserta BPJS.

 

“Sampai saat ini masih sama. Baik dari BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan tidak ada perkembangan. Kalau dari managemen perusahaan, saya mendengar kabar bahwa jika ada yang menanyakan keberadaan HRD, jangan dikasih tahu kata mereka,” kata Buyung di Jakarta, Senin (27/02/2017).

 

Namun, hingga saat ini, pihak perusahaan, BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan tidak menghiraukan laporan tersebut. Bahkan, ia mengatakan, sudah banyak yang menjadi korban dalam perusahaan tersebut.

 

Tingginya angka kecelakaan yang terjadi pada perusahaan peleburan baja tersebut sudah masih tidak dipedulikan oleh pihak BPJS dan pihak Dinas Ketenagakerjaan. Bahkan mereka juga sudah pernah melaporkan hal tersebut dan menyerahkan bukti-bukti kecelakaan yang dialami para karyawan PT Long Teng Iron and Steel.(Nando)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*