Breaking News

Pongah Dan Sempat Bikin Heboh Media Sosial, Si Intel Banyu Biru Mengundurkan Diri Dari BIN

Banyu Biru Anaknya Eros Djarot Sudah Mengundurkan Diri Dari BIN

Intel Ngaku Intel Banyu Biru Mengundurkan Diri Dari BIN

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letnan Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso menyampaikan, per hari Rabu 3 Februari 2016, Si Banyu Biru yang meng-upload Surat Keputusan (SK) Pengangkatan dirinya sebagai anggota BIN di media sosial, telah mengundurkan diri.

“Banyu sudah resmi mengundurkan diri mulai hari ini (Rabu 3 Februari 2016),” ujar Kepala BIN Sutiyoso kepada redaksi.

Mantan Gubernur Provinsi DKI Jakarta itu membenarkan kabar bahwa dialah yang mengangkat pengusaha Banyu Biru sebagai anggota Dewan Informasi dan Strategis Kebijakan Badan Intelijen Negara. Namun, setelah Banyu Biru membocorkan surat pengangkatannya, Sutiyoso akan mengkaji posisi Banyu.

Sutiyoso menuturkan akan mengevaluasi Banyu Biru lebih dulu seperti anggota BIN lain, baik yang struktural maupun non-struktural. “Ya, yang menunjuk (Banyu Biru) saya. Kan, ya, bisa saja saya keliru,” ujarnya.

Sebagai anggota DISK BIN, Banyu Biru akan memiliki tugas menganalisis informasi-informasi yang masuk ke lembaga telik sandi negara tersebut. Sebelumnya, Sutiyoso enggan mengungkapkan tugas para anggota intelijen yang bernaung di DISK BIN.

Pekan lalu, Banyu Biru ketahuan mengunggah foto surat keputusan pengangkatan dia sebagai anggota Bidang Politik Dewan Informasi dan Strategis Kebijakan Badan Intelijen Negara di sejumlah akun media sosialnya. Beberapa di antara akun itu adalah Path, Twitter, dan Facebook.

Sontak, nama Banyu Biru menjadi bahan perbincangan public setelah postingan-nya merebak di media sosial. Dia mengunggah foto Surat Keputusan (SK) pengangkatan menjadi anggota Badan Intelijen Negara alias BIN di media sosial, Path.

Kepala BIN Sutiyoso merasa perlu segera melakukan evaluasi atas anggotanya itu. “Kita lihat nanti apakah anggota itu capable atau tidak. Banyu Biru dipastikan dicoret, itu makanya kita evaluasi,” ujarnya.

Sebenarnya, surat yang diunggah Banyu Biru di media sosial itu bersifat rahasia. Artinya surat tersebut hanya untuk kepentingan kedinasan dan bukan untuk konsumsi publik.

“Sebenarnya tidak boleh kayak begitu (disebarluaskan),” ujar Sutiyoso.

Sebelumnya diberitakan jika ayah Banyu Biru, Eros Djarot mengaku tidak tahu soal pengangkatan sang anak menjadi anggota intel. “Waduh saya belum tahu soal itu. Jadi maaf ya saya tidak bisa berkomentar,” ujar Eros Djarot, Senin (1/2/2016) saat dia mengaku sedang berada di Singapura.(JR-1)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*