Breaking News

Perusahaan ‘Bangkrut’, Buruh PHK Massal, Pemerintahan Jokowi Tak Peduli!

Sepuluh Ribu Buruh Diprediksi Kena PHK Hingga Maret 2016

Tolak Kenaikan Iuran BPJS

Pemerintah dianggap tidak pernah peduli dengan adanya perusahaan yang bangkrut serta menyebabkan ribuan anak Indonesia yang menjadi pengangguran karena kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyampaikan, diperkirakan pada periode Januari hingga Maret 2016 jumlah pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) mencapai 10 ribu orang.

Said Iqbal mengaku sangat menyayangkan sikap pemerintah yang sampai saat ini tidak ikut campur tangan terkait persoalan yang dihadapi dua perusahaan milik Jepang yakni, PT. Toshiba dan PT. Panasonic. Padahal, banyak pekerja yang di PHK karena bangkrutnya dua perusahaan tersebut.

“Kenapa pemerintah tidak bantu? Kalau perusahaan Cina untuk kereta cepat Jakarta-Bandung dibantu, sementara dua perusahaan milik Jepang itu tidak dibantu. Harusnya seimbang dong,” ujar Said Iqbal saat menggelar Konperensi Pers di Hotel Sari Pan Pasific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (4/2/2016).

Said menjelaskan, dua Perusahaan milik Jepang itu dinyatakan bangkrut dikarenakan persaingan bisnis yang semakin meningkat dan mekanisme pasar yang tidak seimbang. Apalagi, lanjutnya, saat ini Indonesia memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), yang dimana barang-barang produk luar bebas masuk ke dalam negeri.

“Harusnya kan ada itikad baik dari pemerintah. Sudah tahu ada banyak yang di-PHK namun masih diam saja,” ujarnya.

Terkait dengan tutupnya dua perusahaan Jepang tersebut, Said menawarkan kepada pemerintah agar memperkuat implementasi kebijakan, memberikan paket intensif usaha seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta re-evaluasi terhadap kebijakan yang tidak menjawab kebutuhan buruh saat ini.

“Pemerintah bilang dengan adanya PP Nomor 78 Tahun 2015 dan paket ekonomi yang dikeluarkan pemerintah, tidak akan ada PHK. Namun kenyataannya sampai sekarang masih tetap saja,” ujar dia.

Said juga mengingatkan pemerintah untuk bergerak cepat dan benar-benar melakukan sesuatu hal yang nyata terhadap buruh.

Don’t sleep long time, please wake up-wake up, jangan tidur terlalu lama,” tutupnya.(Jimmy)

1 Comment on Perusahaan ‘Bangkrut’, Buruh PHK Massal, Pemerintahan Jokowi Tak Peduli!

  1. Makasih gan, ijin untuk menyalin dan digunakan dalam tugas kuliah

Leave a comment

Your email address will not be published.


*