Breaking News

Perbatasan Rawan Kejahatan, Kejagung Kerjasama Dengan Timor Leste

Perbatasan Rawan Kejahatan, Kejagung Lakukan Kerjasama Dengan Timor Leste.

Kejaksaan Agung lakukan kerjasama lintas negara dengan Kejaksaan Timor Leste. Adapun kerjasama itu terkait kasus penyelundupan perdagangan manusia dan narkoba.

 

Kerjasama tersebut dihadiri langsung oleh Jaksa Agung RI, HM Prasetyo dan Jaksa Agung Timor Leste, Dr. Jose Da Costa di Kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Jumat (24/02/2017).

 

Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan, saat ini kasus penyelundupan kejahatan lintas batas seperti perdagangan manusia hingga kasus narkoba sangat marak terjadi di perbatasan Indonesia dan Timor Leste. Sehingga itu, kata dia, kerjasama membahas penyelesaian persoalan itu menjadi sangat penting untuk dibahas bersama.

 

“Kita akan melakukan kerjasama bilateral, khususnya dalam upaya menanggulangi berbagai kejahatan lintas batas serta tindak pidana korupsi,” ujar Prasetyo.

 

Menurut Prasetyo, kejaksaan Timor Leste sangat mengharapkan bantuan dari Indonesia dalam menyelesaikan segala persoalan di perbatasan tersebut.

 

“Intinya, mereka menginginkan kerjasama dalam penegakkan hukum. Apalagi mereka pernah dalam satu bagian dari kita, sehingga semangatnya kekeluargaan,” ucapnya.

 

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya akan melakukan kerjasama dalam bentuk sharing informasi termasuk melakukan pengiriman sebagian jaksa dalam kegiatan pelatihan-pelatihan.

 

“Jadi mereka yang meminta untuk mengirim jaksa kesana mengikuti kegiatan pelatihan. Ini menyangkut masalah capacity building, mereka sangat menunggu. Apalagi mereka cuma ada 32 jaksa, berbeda dengan kita yang mencapai 10 ribuan jaksa,” ujar Prasetyo.

 

Dalam waktu dekat ini, Prasetyo dijadwalkan akan menghadiri undangan dari Jaksa Agung Timor Leste, dalam acara pertemuan tahunan para Jaksa Agung dari negara-negara yang berbahasa Portugis.

 

“Mereka menginginkan kita hadir, meskipun bukan negara berbahasa Portugis. Nanti sekitar bulan Oktober 2017 ini, dan Insya Allah akan datang,” ujarnya.(Richard)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*