Breaking News

Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Diprotes

Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Diprotes.

Surat berupa Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, Bambang Wibowo, Nomor HK.07.01/I/3557/2018, tertanggal 18 Juli 2018 diprotes.

Koordinator Advokasi BPJS Watch Timboel Siregar mengatakan, surat itu membuktikan bahwa regulasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tersebut dibuat tanpa memenuhi Pasal 96 UU no. 12 tahun 2011.

“Yaitu tanpa mengajak masyarakat dan stakeholder JKN, sehingga terjadi penolakan dari para stakeholder, dan akhirnya ditunda pelaksanaannya,” tutur Timboel, dalam keterangan persnya, Jumat (20/07/2018).

Selain masalah tersebut, lanjutnya, dikhawatirkan pembuatan regulasi sebagai penganti Perpres no. 19 tahun 2016 yang hingga saat ini tidak kunjung selesai, juga belum memenuhi Pasal 96.

“Selain melibatkan stakeholder dan masyarakat, seharusnya regulasi JKN dilakukan uji publik terlebih dahulu dengan menginformasikan ke publik sebelum ditandatangani,” ujarnya.

Dia pun mempertanyakan manfaat JKN bagi masyarakat kalau pembuatan regulasinya tidak jelas. “Regulasi JKN yang tidak melibatkan masyarakat cenderung akan menurunkan  manfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Beredar Surat berisi Peraturan tentang Penjamin Pelayanan Katarak Dalam Program Jaminan Kesehatan, Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan, Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Persalinan Dengan Bayi Baru Lahir Sehat Dalam Program Jaminan Kesehatan, Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan Nomor 05 Tahun 2018 tentang Penjamin Pelayanan Rehabilitasi Medik Dalam Program Tahun 2018 tentang Penjamin Pelayanan Rehabilitasi Medik Dalam Program Jaminan Kesehatan telah terjadi penolakan dari organisasi profesi dokter dan asosiasi rumah sakit yang berpotensi menurunkan mutu pelayanan kesehatan.

“Sehubungan dengan hal tersebut, maka peraturan sebagaimana dimaksud agar tidak diberlakukan terlebih dahulu dengan dilakukan pembahasan bersama Kementerian Kesehatan,” demikian isi penutup surat itu.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*