Breaking News

Papua Rawan Jadi Korban Penyalagunaan Narkoba, KOSTRAD Turun Tangan Ke Pelajar

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411/Raider Kostrad ini juga memberikan penyuluhan hukum berkaitan dengan kenakalan remaja di SMK Negeri 4 Jayapura, Koya Barat, Kota Jayapura.

Papua merupakan salah satu daerah yang para pelajarnya sangat rawan menjadi korban penyalahgunaan Narkoba. Untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di kalangan pelajar, Satgas Yonif Raider 411 Kostrad mengadakan penyuluhan hukum dan pencegahan Narkoba di SMK Negeri 4 Jaya Pura.

Kegiatan yang dilakukan oleh Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411/Raider Kostrad ini juga memberikan penyuluhan hukum berkaitan dengan kenakalan remaja di SMK Negeri 4 Jayapura, Koya Barat, Kota Jayapura. Kegiatan ini diikuti oleh 150 orang siswa dan guru.

Dalam penyuluhan ini, Perwira Hukum (Pa Kum) Satgas Lettu Chk Rustamaji, S. H. yang tampil sebagai narasumber, mengangkat topic tentang masalah kenakalan remaja yang berkembang, khususnya penyalahgunaan Narkotika dan Obat Terlarang (Narkoba) dan sanksi yang diterima pelakunya.

Pa Kum menjelaskan bagaimana peredaran Narkoba belakangan ini sudah sangat meresahkan, tidak mengenal batas wilayah negara, tidak mengenal korban dan strata sosial.

“Penggunanya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, masyarakat biasa maupun pejabat,” ujar Lettu Chk Rustamaji.

Dia memaparkan, dampak yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan Narkoba sangatlah fatal dan merugikan, mulai dari cacat fisik hingga penyebab kematian. Selain itu, pelakunya akan mendapatkan sanksi sosial dari masyarakat dan juga terkena sanksi pidana hukum yang sangat berat.

“Yang paling ringan adalah penjara tiga tahun, yang terberat bisa hukuman mati,” ujarnya.

Di penghujung penyuluhan, Pa Kum mengajak hadirin untuk bersama-sama memerangi Narkoba, karena merupakan musuh bersama yang dapat merusak generasi dan masa depan bangsa.

“Oleh karena itu, saya meminta adik-adik yang hadir untuk menjauhkan diri dari Narkoba, apapun bentuknya itu sangat berbahaya dan merugikan. Ingat, kalian adalah generasi muda yang nanti akan ikut serta membangun bangsa ini,” ujar Rustamaji.

Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Jayapura, Ibu Ir. Joselina Akerina, M. S. menyampaikan apresiasinya atas berlangsungnya penyuluhan hukum di sekolah yang dipimpinnya.

Menurut dia, masalah kenakalan remaja dan bahaya penyalahgunaan Narkoba harus gencar disosialisasikan, khususnya di sekolah-sekolah dan harus didukung oleh semua pihak.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali, materi yang dibawakan oleh bapak-bapak dari Kostrad ini tidak pernah didapatkan di bangku sekolah, sehingga ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anak didik kami tentang bahaya Narkoba,” ujar Joselina.(JR-1)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*