Breaking News

Pancasila Lahir Dari Perjuangan, Mewujudkannya Pun Tetap Penuh Perjuangan, Selamat Hari Pancasila

Pancasila Lahir Dari Perjuangan, Mewujudkannya Pun Tetap Penuh Perjuangan, Selamat Hari Pancasila.

Salah satu tujuan aklhir dari Pancasila adalah Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Nah, dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila pada 1 Juni, pemerintah diingatkan kembali untuk mengacu dan menuju cita-cita Pancasila itu dalam menjalankan roda organisasi.

 

Sebab, perlu diingatkan, lahirnya Pancasila bukanlah terjadi begitu saja, tetapi melalui proses panjang dan perjuangan yang sangat berat.

 

Ketua Komisariat Filipi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Jakarta (Komisariat Filipi GMKI Jakarta) di Universitas Krisnadwipayana, Nando Pakpahan menyerukan agar semangat dan nilai Pancasila itulah yang diwujudkan oleh pemerintah.

 

“Pancasila lahir bukan dengan kesenangan, tapi lahir dengan perjuangan. Kebaikan setiap kita ketika mampu menghargai karya besar sejarah bangsa termasuk Pancasila,” ujar Nando Pakpahan, dalam siaran persnya, Jumat (02/06/2017).

 

Nando menyampaikan, jika ditilik satu persatu sila yang terdapat dalam Pancasila, maka akan ditemukan kenyataan hidup bahwa nilai-nilai itu masih sangat jauh dari pola hidup dan juga anutan pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan, termasuk elemen-elemen dan lembaga negara lainnya, serta masyarakat Indonesia, belumlah mengarah kepada Pancasila itu.

 

Senada dengan Nando, Sekretaris Komisariat Filipi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Jakarta (Komisariat Filipi GMKI Jakarta) di Universitas Krisnadwipayana, Michael Pasaribu menyampaikan, pertama-tama keharmonisan dalam persatuan dan kesatuan berbagai elemen masyarakat Indonesia yang teridir dari beragama Suku, Agama, Ras, Antar Golongan (SARA) hendaknya melebur dalam wujud Pancasila sebagai Dasar Negara dan sebagai landasan hidup berbangsa dan bernegara di Indonesia.

 

Menurut Michael, tujuan negara dan pemerintahan kali ini pun sudah jelas harus sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di Indonesia.

 

“Kiranya nilai dan semangat Pancasila adalah semangat persatuan dan kesatuan yang diaplikasikan dalam kehidupan ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, mewujudkan Kemanusiaan yang adil dan beradab di seluruh sektor kehidupan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Michael.

 

Meski tak bisa dipungkiri, perjuangan tidak mudah terus terjadi untuk menjaga, mempertahankan dan mewujudkan Pancasila itu, namun di garda terdepan, pemerintah terlebih dahulu kini harus menegakkan nilai-nilai Pancasila itu sendiri.

 

“Kami dari Komisariat Filipi UNKRIS GMKI Jakarta mengucapkan selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila 2017, semoga kita Indonesia semakin solid ke depan,” pungkasnya.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*