Breaking News

Setelah MPR, DPR, Kini DPD RI Pun Sudah Dipimpin Ketua Umum Parpol, Demokrasi Terancam!

Setelah MPR, DPR, Kini DPD RI Pun Sudah Dipimpin Ketua Umum Parpol, Demokrasi Terancam!

Sejumlah Lembaga Negara diduduki oleh para Ketua Umum Partai Politik. Mulai dari Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Majelis Permusyawaratan Republik Indonesia (MPR RI) dan kini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Republik Indonesia (DPD RI).

 

Sejak terpilihnya Ketua Umum Parpol di DPD RI, semakin membuka mata publik bahwa demokrasi Indonesia kini sedang terancam.

 

Ketua Presidium Perhimpunan Masyarakat Madani (Prima) Sya’roni menyampaikan,ditetapkannya Ketua Umum Parpol ssebagai Ketua DPD adalah sebuah kemunduran demokrasi.

 

“DPD merupakan wadah untuk menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi daerah, sudah seharusnya dijauhkan dari cengkraman parpol. Inilah sejarah kelam DPD yang sejak berdirinya baru kali ini dipimpin oleh Ketum Parpol,” ujar Sya’roni, di Jakarta, Selasa (04/04/2017).

 

Sya’roni menduga, ada modus dari rejim untuk mengunci kekuasaanya sehingga tidak ada lagi celah untuk impeachment.

 

Sekarang, lanjut dia, ketiga lembaga perwakilan di Senayan sudah dipegang oleh ketua umum parpol pendukung rejim, yaitu Ketua MPR dipegang Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketua DPR diduduki oleh Ketum Partai Golkar Setya Novanto dan Ketua DPD dijabat oleh Ketum Partai Hanura Oesman Sapta.

 

“Kita harus menyelamatkan demokrasi. Save democracy, Save DPD. Bebaskan DPD dari cengkraman parpol,” pungkasnya.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*