Breaking News

Masyarakat Batak dan Aceh Bergandengan Tangan Dalam Keberagaman

Bupati serta Wakil Bupati Simeulue terpilih Erli Hasim, SH. S.Ag dan Hj. Afridawati Darmili, Dandim 0115 Simeulue Letnan Inf Marwan Suprianto, S.Sos, Kapolres Simeulue AKBP Satya Yuda Prakasa, S.IK, Danlanal Simeulue Letkol Mar Idha Basri, Camat Simeulue Timur Samsuar, SP mengadakan pagelaran seni dalam rangka memeriakan Hari Ulang Tahun (HUT) Dosniroha yang ke 15, Minggu malam (30/04/2017).

Salah satu Paguyuban Suku Batak yang ada di Kabupaten Simeulue, mengadakan pagelaran seni dalam rangka memeriakan Hari Ulang Tahun (HUT) Dosniroha yang ke 15, Minggu malam 30/04/2017.

Dalam rangka pagelaran seni yang diadakan Paguyuban Parsahutaon Dosniroha itu, turut hadir Bupati serta Wakil Bupati Simeulue terpilih Erli Hasim, SH. S.Ag dan Hj. Afridawati Darmili, Dandim 0115 Simeulue Letnan Inf Marwan Suprianto, S.Sos, Kapolres Simeulue AKBP Satya Yuda Prakasa, S.IK, Danlanal Simeulue Letkol Mar Idha Basri, Camat Simeulue Timur Samsuar, SP.

Pagelaran seni budaya Batak tersebut, diselenggarakan di alun-alun tribun pendopo Bupati Simeulue yang dihadiri seluruh kalangan dari suku Batak yang ada di Simeulue, juga tak ketinggalan masyarakat Simeulue turut menyaksikan acara yang diadakan Paguyuban suku Batak itu.

Setelah menampilkan beberapa tarian adat Batak, panitia acara Hut Dosniroha memberikan cendera mata yaitu, kain Ulos kepada Muspida mewakili Bupati dan Wakil Bupati Simeulue terpilih, Dandim 0115, Kapolres Simeulue juga Danlanal Simeulue.

Acara yang diadakan Paguyuban Batak Dosniroha ini mengusung tema” Dengan Keberagaman Agama Dan Budaya, Mari Kita Jalin Rasa Kesatuan Dan Kerukunan Serta Meningkatkan Kepedulian Sosial Secara Internal Maupun Eksternal.

Dandim 0115 mewakili Muspida pada sambutannya, sangat berharap semoga adat suku Batak yang ada di Simeulue ini, akan berkembang lebih baik dan bisa berbaur dengan masyarakat Simeulue.

“Kami berharap dengan adanya acara ini, semoga akan dapat mempererat silaturahmi masyarakat Simeulue khususnya suku Batak yang ada disini. Kami juga berharap semoga adat dan istiadat suku Batak akan berkembang lebih baik”kata Dandim, mewakili Muspida Simeulue.

Dalam acara itu, panggung tribun pendopo nampak sangat istimewa dari sisi dekorasi, kain Ulos menghiasi beberapa sisi panggung tersebut, sehingga khas budaya Batak nampak begitu kental. Dari sisi tarian dan lagu-lagu Batak juga dipersembahkan untuk menghibur tamu dan pengunjung, salah satunya tari manortor yang merupakan tarian penyambutan tamu dalam adat Batak.(B Manurung)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*