Breaking News

Kursi Wakil Jaksa Agung Setahun Tak Diisi, Jaksa Agung Ngapain Aja Sih?

Kursi Wakil Jaksa Agung Setahun Tak Diisi, Jaksa Agung Ngapain Aja Sih?

Jabatan Wakil Jaksa Agung telah setahun lebih tidak berpenghuni alias tidak diisi. Semenjak ditinggal pensiun oleh Andhi Nirwanto sebagai pejabat Wakil Jaksa Agung yang terakhir, jabatan itu kini masih kosong.

Komisi Aparatur Sipil Negara (KSAN) yang konsentrasi mengawasi kinerja aparatur sipil pun angkat bicara terkait kosongnya kursi Wakil Jaksa Agung. KSAN menilai, kekosongan kursi merupakan hal prinsip yang harus segera dipenuhi.

 

Anggota KSAN Nuraida mengatakan, untuk jabatan struktural pada eselon I di lingkungan Adhyaksa itu seharusnya tidak boleh dibiarkan terlalu lama kosong. Apalagi untuk jabatan orang nomor dua di Kejaksaan Agung (Kejagung).

 

”Tidak boleh juga terlalu lama jabatan kosong dipegang oleh Pelaksana Tugas atau Plt Karena itu merupakan prinsip,” ujarnya di Jakarta, kepada wartawan, Selasa (07/03/2017).

 

Menurut Nuraida, sebelum jabatan Wakil Jaksa Agung kosong seharusnya Kejaksaan Agung sudah melakukan open rekruitmen. Sehingga begitu orangnya pensiun ada penggantinya. Nuraida pun heran mengapa jabatan Wakil Jaksa Agung begitu lama kosong.

 

“Apa memang sudah pernah mau diisi tapi gagal? Karena kadang-kadang ada juga sudah ada hasil seleksi. Tapi pejabat tersebut gagal dilantik dan kemudian harus diulang lagi,” ucapnya.

 

Nuraida mengakui bahwa pola perekrutan pejabat eselon I dan II di lingkungan Adhyaksa itu agak berbeda dengan pola rekruitmen bagi aparat sipil negara lainnya yang menggunakan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara.

 

”Ini karena pola karirnya beda. Sehingga mereka tidak bisa begitu saja open rekruitmen dalam merekrut pejabat eselon I dan II sebagaimana undang-undang kepegawaian yang ada,” ujarnya.

 

Nuraida meminta terkait pola rekruitmen di lingkungan Adhyaksa itu ditanyakan kepada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

 

”Jadi tanya Menpan. Karena itu sudah menyangkut kebijakan,” ucapnya.

 

Sebelumnya, Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan, sudah menyiapkan calon pengganti Andhi D Nirwanto untuk menduduki jabatan Wakil Jaksa Agung.

 

Hal itu disampaikan kepada wartawan di Kompleks Kejagung, Jakarta, Jumat (03/03/2017).

 

Namun dia menghindar saat ditanya siapa calon yang akan menjadi wakilnya.

 

”Nanti-nanti. Iya iya sudah disiapkan calon Wakil Jaksa Agung,” ujarnya.(Richard)

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*