Breaking News

Korupsi Proyek Alat Peraga Olahraga 2016, Kejagung Periksa Sesmenpora

Korupsi Proyek Alat Peraga Olahraga 2016, Kejagung Periksa Sesmenpora.

Kejaksaan Agung (Kejagung) periksa Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (SesMenpora), Gatot S Dewa Broto terkait kasus dugaan korupsi proyek alat peraga olahraga yang disalurkan ke 1400 sekolah di seluruh Indonesia. Kasus yang ditangani penyidik Pidana Khusus itu bernilai  73 miliar rupiah pada tahun 2016.

 

Kepada wartawan, Gatot Dewa Broto mengaku diperiksa sebagai saksi dalam kapasitasnya sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) untuk pertama kali dalam perkara ini.

 

“Saya diundang dalam kapasitas saya sebagai KPA, tapi kalau teknis pemberian bantuan kan bukan KPA tapi PPK,” ujarnya di Gedung Bundar, Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu (08/03/2017).

 

Gatot yang juga menjabat sebagai Deputi IV Kemenpora itu dicecar penyidik soal kontrak dan kontrol proyek yang diduga merugikan negara miliaran rupiah.

 

“Kami diminta untuk memberikan keterangan apa tanggung jawab KPA, sejauh mana kontrolnya, kontraknya, saya kontraknya enggak tahu karena tidak pernah mendapat laporan,” ucapnya.

 

Dia menyatakan tidak pernah mendapatkan laporan dari PPK soal kriteria sekolah yang mendapatkan bantuan alat peraga olahraga.

 

“Memang saya sampaikan ke jaksa penyidik sejak saya jadi KPA tanggal 21 Juni 2016 yakni Plt Sesmenpora,” ujarnya.

 

Gatot menambahkan, pada saat menjabat sebagai Sesmenpora proses kegiatan di Kemenpora sangat diperketat.

 

Gatot juga tidak merasa terlibat atas bobolnya kerugian negara dari proyek tersebut.

 

“‎Saya tidak merasa Kebobolan. Jadi ada tiga orang diperiksa hari ini, ada PPK bapak Hamka sebagai Asisten Deputi Olahraga Rekreasi dan Deputi 3,” ucapnya.(Richard)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*