Breaking News

Korek Keterlibatannya Dalam Kasus Reklamasi Teluk Jakarta, KPK Akan Panggil Ahok dkk

KPK Juga Akan Periksa Ahok.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengorek keterangan dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok. Pemanggilan terhadap orang nomor 1 di DKI Jakarta itu untuk menelusuri keterlibatannya dan pihak-pihak lainnya dalam kasus suap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) reklamasi zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil dan Raperda tentang rencana kawasan tata ruang kawasan strategis pantai Jakarta Utara.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengatakan, selain Ahok, KPK akan memanggil semua pihak yang ikut terlibat dalam pembahasan Raperda tersebut.

“Pihak yang berhubungan dengan Raperda baik pemberi maupun penerima itu kalau nanti dianggap penyidik kami akan memperkaya penyelidikan kasus ini pasti akan dipanggil,” kata Syarif di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (5/4/5016).

Ketika ditanya awak media kapan akan dilakukan pemanggilan, Syarif masih belum mau mengutarakannya.

Pada kasus ini, Ahok telah mengeluarkan izin pelaksanaan terhadap sejumlah perusahaan untuk melakukan reklamasi di pesisir utara Jakarta.

Salah satu izin yang dikeluarkan Ahok telah dikantongi oleh PT Muara Wisesa Samudera selaku anak usaha Agung Podomoro. Perusahaan pengembang properti itu sendiri telah menggarap Pulau G. Namun, pengerjaan proyek tersebut bakal terhambat lantaran sang pimpinan dijerat KPK.

Seperti diketahui, KPK telah menetapkan tiga orang tersangka atas kasus suap terkait pembahasan raperda (rancangan peraturan daerah) zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil (RZWP3K) dan raperda tata ruang strategis Jakarta Utara. Ketua komisi D DPRD DKI M Sanusi ditangkap saat melakukan transaksi dengan pihak swasta berinisial GEF yang berperan sebagai perantara dari PT Agung Podomoro Land (APL).

PT Agung Podomoro Land melalui anak perusahaannya, PT Muara Wisesa Samudera merupakan salah satu perusahaan pengembang dalam proyek reklamasi itu. Perusahaan ini melakukan pembangunan pulau G seluas 161 hektar yang diperuntukan untuk hunian, komersil, dan rekreasi.(Richard)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*