Breaking News

Kejari Jakarta Timur Berhasil Tangkap Buronan Seorang Guru Les Bahasa Inggris

Kejari Jakarta Timur Berhasil Tangkap Buronan Seorang Guru Les Bahasa Inggris.

Tim jaksa dari Kejaksaan Negeri Jakarta Timur (Kejari Jaktim) berhasil menangkap Johannes De Fretes (53), terpidana kasus pemalsuan surat. Pria yang berprofesi sebagai guru les bahasa Inggris itu dijatuhi hukuman 3 tahun penjara oleh hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

“Jadi yang bersangkutan ditangkap tanpa melakukan perlawanan saat santai di Perumahan Villa Totalina Residence, Cigenang, Kelurahan Cibeureum, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat,” kata Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Jaktim, Akhmad Mukhlis kepada wartawan di Jakarta, Selasa (22/05/2018).

Mukhlis menjelaskan, kasus ini bermula dari tindakan Johannes De Fretes saat mengajukan permohonan atas tanah negara sehingga terbit sertifikat HGB No. 1397. Padahal tanah itu tidak dapat diwariskan karena bukan harta pribadi. Tanah itu sendiri terletak di Jalan Raya Jatinegara No. 89 Jakarta Timur dengan luas 2396 M2.

Selanjutnya oleh Johannes De Fretes HGB No. 1397 ini dialihkan ke PT Affinity Health Indonesia. Akibat perbuatan Johannes De Fretes pihak Gereja Isa Almasih merasa dirugikan dan melaporkannya ke pihak yang berwajib.

Dalam persidangan di PN Jaktim  yang digelar pada 20 September 2017, majelis hakim menyatakan terdakwa Johannes De Fretes terbukti melakukan perbuatan pidana pemalsuan surat. Vonis ini diperkuat (incracht) oleh Mahkamah Agung (MA) dalam putusannya tertanggal 14 Februari 2018.

“Namun, ketika akan dieksekusi terpidana tidak berada di alamatnya Jalan Cempaka Timur, Jakarta Pusat. Malah rumah itu sudah dijual. Setelah kami telusuri, terpidana akhirnya kami tangkap di Cianjur dan langsung kami masukkan ke LP Cipinang, Jaktim, untuk melaksanakan putusan hakim,” ujarnya.(Richard)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*