Breaking News

Kebakaran Hutan Makin Menjadi-jadi, KLHK Sasar Lima Provinsi Dengan Water Booming

Kebakaran Hutan Makin Menjadi-jadi, KLHK Sasar Lima Provinsi Dengan Water Booming.

Patroli terpadu pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terus dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

 

Kementerian LHK melalui Manggala Agni bersama dengan Tim Posko Patroli Terpadu Desa Kandangan, terus berupaya melakukan pemadaman di titik-titik api yang berada di pulau Sumatera dan Kalimantan.

 

Menteri LHK, Siti Nurbaya terus menekankan upaya patroli pencegahan kebakaran hutan. Selain melakukan patroli, Kementerian LHK juga dapat dapat mengetahui titik api lebaran hutan melalui hotspot dan juga informasi dari masyarakat.

 

“Langkah yang sigap dalam pencegahan, sangat menentukan seberapa besar Karhutla yang terjadi,” ujar Siti Nurbaya melui siaran persnya, Rabu (16/8/2017).

 

Menurutnya, saat ini ada lima provinsi rawan Karhutla yang menjadi sasaran patroli terpadu pencegahan Karhutla. Titik-titik kebalaran tersebut berada di Provinsi Riau (Pekanbaru, Siak, Rengat, dan Dumai), Sumatera Selatan (Banyuasin, Musi Banyuasin, Lahat, dan Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Kalimantan Barat (Pontianak, Singkawang, Sintang, Semitau dan Ketapang), Provinsi Kalimantan Tengah (Palangkaraya, Pangkalan Bun, Kapuas, dan Muara Teweh), serta Kalimantan Selatan (Banjar, Tanah Bumbu, dan Tanah Laut).

 

Selain itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga turut membantu memadakan kebakaran. Pemadaman itu dilakukan dengan menggunakan water boombing oleh BNPB.

 

“Upaya water boombing masih dan hujan buatan, terus dilaksanakan di wilayah Sumatera Selatan, sebanyak 1 Sorti dan 63 kali terbang di Banyuasin dan OKI,” ujarnya.(Nando)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*