Breaking News

Kadin dan Petani Garam Kompak Minta Perketat Impor

Kadin dan Petani Garam Kompak Minta Perketat Impor.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto meminta pemerintah untuk meningkatkan pengawasan dan pengetatan garam impor untuk melindungi petani garam lokal.

“Pemerintah memang perlu meningkatkan pengawasan agar garam impor tidak sampai mengganggu stabilitas harga garam petani,” kata dia usai kunjungan kerja Kadin ke petani garam di Kecamatan Kaliori,Rembang, Jawa Tengah (16/4/2018).

Dia mengaku, banyak menerima masukan dari petani garam. Dalam waktu dekat, pihaknya akan mencoba berkomunikasi dengan Kementerian Perdagangan terkait keinginan petani garam di Rembang tersebut.

Menurutnya, petani garam lokal tidak terlalu mempermasalahkan kebijakan impor. Namun, pemerintah juga perlu mengawasi agar tidak sampai merembes ke pasar garam konsumsi, sehingga impor garam sebaiknya dilakukan melalui satu pintu.

“Jika impor garam dilakukan dengan banyak pihak, ada kecenderungan importir berlomba-lomba menjual garam dengan harga yang murah,” ungkap Yugi.

Dia mengatakan, perang harga garam impor jelas akan merugikan petani.

“Intinya kami pun berharap garam impor memang sebaiknya digunakan untuk kepentingan industri dan tidak dipergunakan untuk garam konsumsi karena merugikan petani lokal,” pungkas Yugi.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*