Breaking News

Jessica Bantah Kesaksian Pakar Kriminolog UI

Sidang Ke 17 Kasus Kopi Sianida

Jessica bantah keterangan para ahli yang diajukan jaksa di persidangan.

Dua saksi ahli dihadirkan dalam sidang lanjutan kasus kematian Wayan Mirna Salihin yang ke 17, pada Kamis1 September 2016. Saksi yang dihadirkan yaitu Ronny Nitibaskara yang merupakan Kriminologi UI dan juga staf ahli Kapolri. Juga saksi Sarlito Wirawan yang merupakan Guru Besar Psikologi UI.

 

Dari keterangan Ronny, Wayan Mirna Salihin dan Jessika Kumala Wongso tidak saling meyukai. Hal tersebut dilihat dari cara keduanya sedang berpelukan ketika bertemu di Kafe Olivier pada 6 Januari 2016.

 

Mirna yang saat itu memeluk Jessica dengan menggunakan satu tangan memberikan jarak kepada Jessica. Berbeda dengan apa yang dilihatnya dengan Boon Juwita alias Hani saat berpelukan dengan terdakwa yang terlihat menyatu.

 

“Perilaku nonverbal memberi jarak saat berpelukan yang artinya tidak nyaman. Ini menunjukkan bahwa Mirna tidak yaman pada si Jessica,” kata Ronny saat memberikan pendapat di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Kamis (1/9/2016).

 

Ronny menambahkan, arti dari jarak tersebut menunjukkan bahwa adanya perasaan ketidaknyamanan Mirna terhadap Jessica. Menurutnya, seseorang akan dekat dengan orang lain karena merasa nyaman terhadap orang tersebut.

 

“Gerakan Mirna pada Jessica berasal dari otak limbik dan tak bisa berbohong bahwa ia dalam kondisi tidak nyaman,” ucapnya.

 

Dalam persidangan ini juga, banyak keterangan dari Ahli Kriminonogi Ronny yang ditolak oleh Jessica Kumala Wongso. Ahli yang menyatakan bahwa terdakwa tidak mengalami tekanan dalam kasus ini langsung dibantahkan oleh tersangka.

 

Jessica juga menyatakan bahwa ia terpaksa mau diperiksa penyidik karena tidak ingin ada hal yang tidak di inginkan. “Yang mengenai saya tidak tertekan itu tidak benar, bagaimana mungkin sampai detik ini saya tertekan sangat berat. Pada saat itu, pada saat saya diperiksa bukan kemauan saya. Saya hanya menjalani proses takut kenapa-napa. Dan mengenai pendapatnya bayak yang tidak benar,” ucap Jessica menanggapi keterangan dari Ahli Ronny.(Nando Tornando)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*