Breaking News

Jampidsus M Adi Toegarisman: Pemberantasan Korupsi Adalah Prioritas di Gedung Bundar

Jampidsus M Adi Toegarisman: Pemberantasan Korupsi Adalah Prioritas di Gedung Bundar.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM Pidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung), M. Adi Toegarisman menyatakan, bidang tindak pidana khusus (Pidsus) menjadi prioritas pemerintah dalam upaya melakukan pemberantasan korupsi yang semakin gencar terjadi di masyarakat.

 

Menurut Adi, peran serta kejaksaan dalam penanganan tindak pidana korupsi sejauh ini sudah sangat signifikan. Terlihat bahwa kejaksaan dinilai sebagai lembaga penegak hukum yang paling produktif menangani perkara korupsi, berdasarkan hasil penelitian ICW selama tahun 2016.

 

“Jadi selama tahun 2016 hasil penelitian ICW menilai bahwa kejaksaan paling produktif menangani perkara korupsi,” kata Adi saat jumpa pers di Jakarta, Jumat (08/12/2017).

 

Adi menuturkan, dalam capaian kinerja penanganan perkara tindak pidana korupsi dari Januari hingga November 2017, kejaksaan telah menangani 1253 perkara ditingkat penyelidikan, untuk penyidikan 1300 perkara, penuntutan 1754 perkara (Dik Kejaksaan 966 perkara serta Polri 788 perkara) dan 1552 perkara yang telah dieksekusi.

 

“Untuk penyelamatan keuangan negara sebesar Rp977.279.282.159 miliar, eksekusi uang pengganti yang telah disetor ke kas negara sebesar Rp203.400 603.826 dan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNPB) sebesar Rp293.186 423.282,” ujarnya.

 

Adi menambahkan, langkah penegakan hukum harus harus efektif dan efisien, sehingga lebih tepat membuahkan hasil untuk mensejahterakan Indonesia.

 

“Apalagi berorientasi konsisten dengan metode bukan hanya penindakan akan tetapi pencegahan,” katanya.

 

Dalam jumpa pers itu, JAM Pidsus, M Adi Toegarisman juga didampingi Direktur Penyidikan (Dirdik), Warih Sadono dan Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum), M. Rum.(Richard)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*