Breaking News

Jaksa Agung: Perkara Buni Yani Jalan Terus

Jaksa Agung: Perkara Buni Yani Jalan Terus.

Kejaksaan Agung (Kejagung) menegaskan, tidak akan menghentikan perkara Buni Yani yakni tersangka pengunggah video Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Kepulauan Seribu. Meskipun meski majelis hakim perkara  menyatakan perkara penistaan agama tidak terkait dengan Buni Yani, Jaksa Agung HM Prasetyo memastikan pengusutan kasus ini jalan terus. Pada kasus ini Buni Yani dijerat Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (UU ITE).

 

Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan, berkas perkara kasus tersebut sudah diterima oleh Kejaksaan Negeri Depok sehingga tidak ada alasan untuk menghentikan perkara.

 

“Enggak, enggak, kenapa dihentikan? Berkas kan sudah diterima. Tidak dihentikan,” kata Prasetyo di Kompleks Kejagung, Jakarta Selatan, Jumat (12/05/2017).

 

Menurut Prasetyo, perkara yang dilakukan Buni Yani berbeda dengan perkara Ahok yang telah diputuskan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

 

“Dakwaannya dapat dilihat dari bukti-buktinya sendiri. Jadi apa yang dilakukan Buni Yani berbeda dengan apa yang dilakukan Ahok. Jadi tidak ada istilahnya setelah Ahok bersalah, Buni Yani tidak,” ujarnya.

 

Selain itu, lanjutnya, masing-masing instansi penegak hukum mempunyai tanggung jawab pidana sendiri-sendiri, sesuai dengan perbuatan yang dilakukan.

 

Prasetyo menambahkan, berkas Buni Yani tersebut sampai sekarang sudah memasuki tahap dua, yakni pelimpahan berkas dan tersangka.

 

“Kita sedang meminta fatwa Mahkamah Agung untuk lokasi persidangan Buni Yani di Pengadilan Negeri Bandung,” katanya.

 

Adapun alasan permintaan persidangan Buni Yani dipindahkan ke PN Bandung karena PN Bandung lebih baik.

 

“Di Bandung lebih baik,” ucapnya.(Richard)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*