Breaking News

Ingin Pancasilais, Belajar Jugalah Dari Nelayan

Ingin Pancasilais, Belajar Jugalah Dari Nelayan.

Munculnya isu ancaman mengenai Pancasila, sebetulnya tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Jika selama ini implementasi Pancasila itu dilakukan, maka tak perlu segenting sekarang membicarakan ancaman terhadap Pancasila itu sendiri.

 

Koordinator Bidang Energi dan Sarana Prasarana Perikanan DPP Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Siswaryudi Heru mengatakan, Pancasila sudah menjadi anutan hidup sehari-hari bagi Nelayan Indonesia. Jadi, jika ingin belajar cara hidup Pancasilais, boleh juga belajar dari cara hidupnya nelayan Indonesia.

 

“Salah satu unsur masyarakat Indonesia yang menerapkan Pancasila dalam kehidupannya sehari-hari ya nelayan. Karena, nelayan Indonesia, tidak pernah bertanya dulu apa agama, apa suku dari pembeli ikan ke mereka, misalnya. Jadi, ya nelayan bisa dijadikan belajar mengenai Pancasila,” tutur Siswaryudi Heru, Sabtu (03/06/2017).

 

Menurut Ketua Bidang Kelautan dan Perikanan Pengurus Pusat Dewan Ekonomi Indonesia Timur (DEIT) ini, nelayan Indonesia sudah melampui sekat-sekat SARA yang saat ini kembali muncul atau dimunculkan. Sebab, sehari-hari nelayan hidup dengan toleransi dan kerukunan dari berbagai latar belakang.

 

“Mereka semua itu ber-Tuhan, masing-masing punya agama mereka, tetapi hidup rukun,” ujar Siswaryudi.

 

Apakah nelayan Indonesia pernah ribut? Menurut Siswaryudi ya tentu saja. Namun bukan meributkan Pancasila.

 

“Jika pun nelayan melakukan aksi unjuk rasa atau protes, melakukan aksi demonstrasi, itu pasti ada penyebabnya, pasti ada juga dalangnya. Yang pasti juga, mereka demo bukan karena persoalan eksistensi Pancasila,” tutur dia.

 

Karena itu, Siswaryudi mengatakan, bangsa Indonesia harus belajar hidup rukun lagi, seperti yang dilakukan oleh nelayan Indonesia. Persoalan-persoalan yang muncul, jika pun harus disuarakan, mestinya bukan karena sentimen SARA dan bukan karena persoalan Pancasila.

 

“Belajarlah menjadi Pancasilais juga dari cara hidup nelayan,” ujarnya.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*