Breaking News

HM Prasetyo: Eksekusi Mati Masih Dalam Tahapan Persiapan

HM Prasetyo: Rencana eksekusi Hukuman Mati masih dipersiapkan.

Mahkamah Agung Republik Indonesia menolak pengajuan peninjauan kembali (PK) atas gembong narkoba Freddy Budiman yang di vonis hukuman mati oleh pengadilan. Kejaksaan Agung pun menyambut baik atas putusan tersebut.

Jaksa Agung HM Prasetyo menyampaikan, PK yang diajukan oleh Freddy Budiman itu tidak kuat dasarnya. Sebab, putusan atas terpidana sudah inkrah hukumnya.

“Kalau putusan MA benar menolak putusan itu, justru itu yang kita harapkan,” ujarnya.

Menurut Prasetyo, penolakan PK tersebut sangat tepat. Karena, pengajuan PK harus dapat membuktikan adanya bukti baru yang sebelumnya belum diketahui saat persidangan.

“Kalau ada bukti baru putusannya tidak akan berbunyi seperti itu. Freddy apa bukti baru dia? Kecuali dia dari balik penjara masih mengendalikan peredaran dan menjadi bandar narkoba. Kalau MA betul sudah keluarkan putusan itu, alhamdulillah. Itu yang kita harapkan,” ucapnya.

Terkait kapan eksekusi hukuman mati gelombang III akan dilaksanakan, Prasetyo menjawab masih dalam tahapan persiapan.

“Ini kan enggak semudah membalikkan telapak tangan, ini menyangkut masalah nyawa. Ini harus dipersiapkan dulu,” ujarnya.

Menurut Prasetyo, tahapan sebelum dieksekusi apalagi menyangkut warga asing pihak kejaksaan agung harus terlebih dahulu memberitahukan kepada kedutaan besar bersangkutan dikarenakan hal ini termasuk dalam notifikasi.

“Yang bersangkutan juga harus di isolasi dulu. Nanti kita persiapkan juga rohaniwan dan sebagainya, lalu regu tembaknya,” ujarnya.

Namun, ketika ditanya bagaimana bentuk notifikasi atas warga asing, Jaksa Agung enggan untuk menjawabnya.

“Enggak usah sampaikan ke kamu lah itu. Itulah bedanya kita dengan negara lain. Coba kita dengar, untuk eksekusi bahkan kita enggak tau,” ujarnya kepada wartawan.

Terkait jumlah terpidana yang akan dieksekusi mati gelombang III, Prasetyo juga enggan untuk menjawab.

“Jumlahnya berapa nantilah saya beritahu, jangan sekarang,” ucap Jaksa Agung sambil tersenyum.(Richard)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*