Breaking News

Hati-Hati, Sewaktu Masih di LKPP, Kejaksaan Agung Juga Mau Telusuri Laporan Keterlibatan Agus Rahardjo di Kasus Korupsi E-KTP

Hati-Hati, Sewaktu Masih di LKPP, Kejaksaan Agung Juga Akan Telusuri Laporan Keterlibatan Agus Rahardjo Untuk Kasus Korupsi E-KTP.

Kejaksaan Agung (Kejagung) akan segera menelaah laporan dugaan keterlibatan mantan Ketua Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP), Agus Rahardjo dalam kasus mega proyek e-KTP. Pria yang kini menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu dilaporkan oleh Presidium Jaringan Islam Nusantara (JIN) ke Kejaksaan Agung.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, M Rum mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dari Presidium JIM, selanjutnya akan menelaah laporan tersebut.

“Benar tadi Presidium JIN melaporkan AR dalam kasus e-KTP. Surat dan laporannya sedang ditelaah,” kata Rum di Kompleks Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu (06/09/2017).

Rum menjelaskan, saat ini kasus tersebut sedang ditangani KPK, namun tidak menutup ruang jika ada pihak lain yang akan melaporkan ke Kejagung.

“Untuk surat masuk dan laporan tidak mungkin kita tolak. Nanti pimpinan akan menindaklanjuti kebagian mana yang menangani laporan itu,” ujarnya.

Sebelumnya, Presidium JIN telah melaporkan Ketua KPK, Agus Rahardjo ke Kejagung, Rabu (06/09/2017). Orang nomor 1 di KPK itu diduga terlibat dalam kasus mega proyek e-KTP.

Ketua Presidium JIN, Razikin Junaid mengatakan, Agus terlibat aktif, baik secara kelembagaan waktu menjabat Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) dan juga secara pribadi.

Menurutnya Perpres 106 Tahun 2007 tentang LKPP menjelaskan kalau Kepala LKPP bertanggung jawab penuh terkait sikap LKPP ketika proyek KTP Elektronik dalam lelang.

Selain itu, menurut dia, surat menyurat yang dilakukan oleh LKPP dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada waktu itu, menjadi pintu masuk untuk mengetahui keterlibatan Agus Rahardjo dalam kasus tersebut.

“Sikap tidak konsisten yang ditunjukkan oleh Agus Rahardjo, menggambarkan ada niat terselubung. Belum lagi keinginannya untuk bertemu empat mata dengan Mendagri, namun Mendagri menolak permintaan Agus,” kata Razikin.

Razikin menilai beberapa tindakan yang dilakukan Agus secara informal dengan pihak Mendagri menguatkan dugaan keterlibatannya.

“Dalam konteks ini, Agus Rahardjo menabrak beberapa Peraturan Presiden. Sikap LKPP itu dalam asas pelaksanaan pengadaan barang dan jasa bertentangan dengan peraturan presiden 54 tahun 2010 yang dengan sengaja membuat sesuatu perbedaan pendapat dengan tujuan dan motif tertentu, guna untuk mendapatkan keuntungan atau semacamnya,” ujarnya.(Richard)

1 Comment on Hati-Hati, Sewaktu Masih di LKPP, Kejaksaan Agung Juga Mau Telusuri Laporan Keterlibatan Agus Rahardjo di Kasus Korupsi E-KTP

  1. KPK memang “banyak musuh”, tapi Tuhan n Seluruh warga Republik ini akan selalu mendukung KPK. Bravo KPK, Bravo INdonesia! @By055

Leave a comment

Your email address will not be published.


*