Breaking News

Hari Kelimabelas Aksi Long March Buruh, Tembus 1000 Kilometer, Peserta Menginap Di Rumah Makan Buruh

Hari Kelimabelas Aksi Long March Buruh, Tembus 1000 Kilometer, Peserta Menginap Di Rumah Makan Buruh.

Memasuki hari kelimabelas aksi long march ratusan buruh PT Pelindo I Medan menuju Jakarta, para peserta yang merupakan anggota Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) itu diterima dan menginap di rumah makan kawan-kawan buruh dari SBSI 92, di Kabupaten Indragiri Hulu, Perbatasan Riau dengan Jambi.

Ketua Konsolidasi Korwil SBSI Sumatera Utara, Arsula Gultom mengatakan, aksi yang dimulai sejak Jumat 20 Januari 2017 itu kini sudah menembus jarak 1000 Kilometer.

Para buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) yang bekerja di Kopkarpel UPTK Belawan-Pelindo I perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut masih terus melakukan aksi long march untuk menemui Presiden RI Indonesia Joko Widodo ke Jakarta untuk mengadukan nasibnya secara langsung, lantaran sudah satu tahun nasib mereka tidak digubris oleh PT Pelindo I dan pejabat di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenaker).

“Saat ini kami sudah menempuh jarak kurang lebih sudah 1000 Kilo Meter. Kami sekarang berada di Indragiri,” kata Arsula saat dihubungi, Jumat (3/2/2017).

Dalam kurung waktu dua minggu, Arsula menambahakan, meraka sudah mampu melewati dua Provinsi. Per harinya, mereka bisa melangkahkan kaki menempuh jarak antara 70 kilometer hingga 80 kilometer.

Meski melelahkan, menurut Arsula, secara umum kondisi dari para buruh masih dalam keadaan fit dan baik. “Teman-teman semuanya yang ikuti dalam aksi ini masih semangat,” ucap Arsula.

Arsula mengatakan, malam hari di Indragiri rombongan aksi disambut oleh Ketua Dewan Perwakilan Cabang Serikat Buruh Sejahtera Indonesia 92 (DPC SBSI 92) Kabupaten Indragiri Hilir. Mereka juga menginap dan memasak untuk kebutuhan mereka di Rumah Makan milik Ketua DPC SBSI 92 di Indragiri.

“Untuk sementara, kita singgah dan beristirahat di tempat yang sudah yang sudah disediakan oleh Ketua DPC SBSI 92 dan akan melanjutkan perjalanannya besok pagi. Ya, malam ini kami Ketua DPC SBSI 92 Indragiri Hilir, Saudara Tio,” ucapnya.

Rencanya, lanjut Arsula, keesokan hari rombongan aksi akan melanjutkan perjalanan menuju Simpang Rambutan.(Nando)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*