Breaking News

Gaji Tinggi Kinerja Rendah, Penggajian Direksi BPJS Dikritik

Banyak persoalan hukum, kok Jokowi Santai-santai saja kerjanya.

Besaran gaji yang diterima oleh setiap Dewan Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dinilai terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan kinerjanya.

Direktur Center for Budget Analysis (CBA) Ucok Sky khadafi mengatakan, ada permainan Politik Anggaran di dalam jajaran Dewan Direksi BPJS yang baru dalam penetapan gaji.

“Dilihat dari gaji  yang diberikan pada direksi sampai Rp 500 jutaan per bulan, dewan pengawasnya Rp 130 jutaan, itu terlalu tinggi, karena enggak sesuai dengan kinerja mereka,”  ujar Ucok di Gedung DPR RI Senayan, Selasa (01/03/2016).

Ucok sapaan akrab Direktur CBA  itu, juga mengatakan bahwa yang bekerja capek itu adalah dokter. Dokter, menurut dia, langsung berinteraksi dengan masyarakat.

“Tapi yang enak itu Direktur BPJS.  Ini tidak adil. Direksi BPJS dan Pengawas mengumpulkan dana. Duitnya itu dibagi-bagi. Mestinya para dokter itulah yang harus menikmati. Karena mereka yang melayani pasien,” ujar Uchok.

Lebih lanjut dia menyampaikan, pola penggajian di BPJS itu sebagai permainan politik anggaran. Padahal, menurut Uchok, sekarang ini jumlah pasien juga masih terbatas mempergunakan kartu BPJS.

“Masyarakat harus mengantri seharian menunggu giliran,” ujarnya.

Dia menyebut pengalamannya mempergunakan kartu BPJS saat isterinya sakit kanker. “Aku dulu di rumah sakit Dharmais terpaksa  harus nginap di sana, biar dapat nomor antrian 3 atau sampai 10. Kalau sudah dapat nomor 100 kami tidak akan dapat dokter,” ujar Uchok.

Pelayanan BPJS bagi masyarakat, menurut Uchok,  masih sangat kurang. Kondisi itu sangat bertolak belakang dengan penggajian pejabat dan pegawai BPJS yang sangat tinggi.

Gaji direksi BPJS yang jomplang, tidak dibarengi dengan kualitas pelayanan dan kinerja yang memadai. Seharusnya, lanjut Uchok, dengan besaran gaji yang tinggi yang diperoleh pajabat BPJS, tidak ada lagi masyarakat yang antri panjang untuk mendapatkan pelayanan yang baik.(Jimmi)

1 Comment on Gaji Tinggi Kinerja Rendah, Penggajian Direksi BPJS Dikritik

  1. Saya setuju untuk perbaikan kinerja pelayanan BPJS, yang mendapat pendapatan lebih adalah dokter dan suster yang melayani pemakai BPJS, bukan pegawai BPJS dan pejabat BPJS.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*