Breaking News

Ditemui Dubes Rusia, Jaksa Agung Tawarkan Kerjasama Hukum Dengan ASEAN

Ditemui Dubes Rusia, Jaksa Agung Tawarkan Kerjasama Hukum Dengan ASEAN.

Jaksa Agung Republik Indonesia HM Prasetyo menawarkan kerja sama hukum dengan Negara-negara di Asia Tenggara atau ASEAN. Selain memperpanjang Memorandum of Understanding (MoU) antara Kejaksaan Republik Indonesia dengan Kejaksaan Rusia, HM Prasetyo juga menyampaikan pentingnya kerja sama hukum yang strategis dengan ASEAN kepada Rusia.

 

“Indonesia dan Rusia adalah partner yang strategis. Sudah jauh sekali sejak jamannya Pak Soekarno sudah hubungan baik dengan Rusia. Kerja sama di berbagai bidang pun sudah terjalin lama, dan memang di bidang hukum Kejaksaan Agung Republik Indonesia dengan Kejaksaan Negara Rusia sudah ada, namun berakhir pada Desember 2016 lalu. Dan ini sekarang kita kerja sama hukum lagi, makanya Duta Besar Rusia Alexander Ivanov bertemu dengan Jaksa Agung,” tutur Jaksa Agung Republik Indonesia HM Prasetyo, di Kompleks Kejaksaan Agung, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Jumat (16/03/2018).

 

Memang, Duta Besar Utusan Khusus Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia untuk Kawasan Asia Pasifik dan ASEAN Alexander Ivanov meneken MoU Kerjasama Hukum dengan Jaksa Agung Republik Indonesia.

 

“Kerja sama terkait pemberantasan korupsi, narkotika, terorisme dan cyber crime. Kerja sama penanganan hukum antara Indonesia dengan Rusia,” ujar Prasetyo.

 

Dalam pertemuan itu, lanjut Prasetyo, dirinya menawarkan model kerjasama hukum antara Rusia dengan negara-negara ASEAN.

 

“Saya sampaikan kepada Dubes Rusia, bahwa kita juga memimpin kerjasama hukum ASEAN dengan Cina. Saya usulkan ke Pak Alexander Ivanov, bahwa Rusia juga bisa bekerja sama dengan ASEAN di bidang hukum. Dia bilang dia tertarik dan nanti akan disampaikan ke Moscow,” ujar Prasetyo.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*