Breaking News

Disidik Jaksa, Tersangka Kasus Korupsi Penggelapan Dana PT Jakarta Tourisindo Belum Ada

Disidik Jaksa, Tersangka Kasus Korupsi Penggelapan Dana PT Jakarta Tourisindo Belum Ada.

Kasus korupsi dugaan penggelapan dana PT Jakarta Tourisindo yang ditangani di Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta (Kejati DKI) belum menetapkan pelaku atau tersangka. Saat ini, kasus itu sedang dalam tahap penyidikan.

 

Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati DKI Jakarta, Sarjono Turin menyampaikan, proses pengusutannya sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan.

 

“Iya benar sudah ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan sejak Jumat (19/01/2018),” kata Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati DKI Jakarta, Sarjono Turin di Jakarta, Selasa (23/01/2018).

 

Sarjono mengatakan, pihaknya sudah memeriksa sejumlah saksi terkait dugaan korupsi yang merugikan keuangan negara sekitar Rp 7 miliar namun belum menetapkan tersangka dalam kasus tersebut.

 

“Belum ada tersangkanya. Tersangkanya nanti kita tetapkan. Penyidikan kan untuk membuat terang sebuah kasus,” ujarnya.

 

Kasus ini bermula saat perusahaan plat merah milik Pemprov DKI Jakarta yang bergerak di bidang pariwisata itu membuat rekening penampung atau “Escrow Account” untuk komisi penyewaan hotel oleh setiap kementerian, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan BUMD.

 

“Diperkirakan fee-nya itu berkisar antara 15 sampai 20 persen,” katanya.

 

Selain itu, PT Jakarta Tourisindo juga membuat satu rekening khusus untuk menampung komisi tersebut.

 

“Seharusnya keuntungan dari penyewaan bidang perhotelan dan pariwisata itu masuk ke rekening negara,” ujarnya.

 

Kemudian, uang di rekening penampung itu rencananya akan dibagikan kepada pegawai. “Namun dimakan sendiri oleh pihak tertentu,” ujar Sarjono Turin.(Richard)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*