Breaking News

Diminta Menindak PT Long Teng Iron & Steel Karena Tak Daftarkan Buruhnya, BPJS Malah Banyak Alasan

DTak Kunjung Didaftarkan sebagai Peserta BPJS, Tak Ada Instansi Yang Merasa Bertanggung Jawab, Nasib 600-an Buruh PT Long Teng Iron & Steel Urusan Siapa?

Pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dianggap banyak alasan dan cenderung berkelit ketika diminta segera mengambil sikap dan tindakan atas PT Long Teng Iron & Steel yang takkunjung mendaftarkan buruhnya sebagai peserta BPJS.

 

Padahal, sudah setahun lebih laporan karyawan PT Long Teng Iron and Steel tidak digubris oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang meminta agar mereka segera didaftarkan sebagai perserta BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

 

Kasus pendaftaran sebagai anggota BPJS yang sudah diajukan sejak tahun 2015 lalu masih belum ada hasilnya. Hingga kini, para karyawan PT Long Teng Iron and Steel belum melihat adanya perkembangan dari laporan mereka tersebut.

 

Kepala Humas BPJS Kesehatan Pusat, Irfan Humaidi mengatakan, dalam menyelesaikan permasalahan tersebut harus harus mengikuti prosesi yang ada di BPJS Kesehatan.

 

“Kita liat proporsinya dulu. Pertama kita lakukan persuratan. Kemudian, BPJS kesehatan menindak lanjuti sesuai evidence yang sudah ada,” kata Irfan saat dikonfirmasi oleh sinarkeadilan, Rabu (01/03/2017).

 

Selama setahun lebih ratusan karyawan PT Long Teng Iron and Steel yang menunggu agar mereka segera didaftarkan sebagai peserta BPJS. Bahkan, sudah banyak kecelakaan kerja yang terjadi di perusahaan peleburan baja tersebut tanpa jaminan kesehatan dan tak ada perlindungan kerja.

 

Mereka juga sudah menyampaikan hal tersebut ke BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pasar Kemis dan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang.

“Prinsipnya kita tidak akan berhenti. BPJS tetap mengupayakan untuk menyelesaikan persoalan itu,” ucap Irfan.(Nando)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*