Breaking News

Dicegat Di Kejagung, Jamintel Beberkan Penangkapan 20 Buronan

Bidang Intelijen Kejaksaan Agung (Kejagung) telah berhasil menangkap sekitar 20 buronan tindak pidana korupsi selama Januari sampai Agustus 2017.

“Sekitar 20 buronan korupsi ditangkap,” kata Jaksa Agung Muda Intelijen (JAM Intel) Adi M Toegarisman di sela-sela Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Intelijen Kejaksaan di Kompleks Kejagung, Jakarta Selatan, Selasa (19/09/2017).

Adi menyebutkan produk intelijen Kejagung periode Januari sampai Agustus 2017, antara lain laporan informasi harian sebanyak 120, laporan informasi khusus sebanyak 124, laporan intelijen khusus sebanyak 147, telaahan intelijen sebanyak 307, laporan atensi sebanyak 10, laporan hasil operasi intelijen sebanyak 187, laporan hasil pelaksanaan tugas sebanyak 75 dan troof info sebanyak 17.

Adi mengatakan, selama periode tersebut khususnya laporan informasi khusus sebanyak 124, bidang intelijen telah menangani 20 setiap laporan yang diterima dalam setiap bulannya. “Hasil ini meningkat jauh dibandingkan sebelumnya,” ujarnya.

Adi menambahkan, pihaknya selama ini sebagai support atau pendukung bidang-bidang lainnya di lingkungan Kejaksaan, seperti, Bidang Tindak Pidana Khusus, Tindak Pidana Umum serta Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

“Kami melakukan penyajian informasi, intelijen deteksi dini dugaan tindak pidana. Hal ini untuk kepentingan user (Jaksa Agung) untuk mengambil keputusan informasi,” katanya.

Sebelumnya, Jaksa Agung HM Prasetyo mengingatkan tugas intelijen, yakni memaksimalkan fungsi penyelidikan dan harus merespon secara cepat kondisi di masyarakat.

“Laporan produk intelijen sebenarnya sudah cukup, tapi masih bisa ditingkatkan lagi dengan melihat demikian majemuknya masalah yang terjadi di masyarakat,” katanya.

Di bagian lain, ia menyebutkan peningkatan penyelidikan dan pengamanan intelijen juga harus dilakukan secara komprehensif agar penyimpangan yang menimbulkan kerugian negara bisa terdeteksi.(Richard)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*