Breaking News

Dana Stimulan Rugikan Peserta, BPJS Ketenagakerjaan Harus Diaudit

Penggunaan Dana BPJS Ketenagakerjaan Harus Diaudit.

Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dianggap tidak mampu melakukan terobosan dalam pelayanan dan peningkatan peserta.

Selain tak memiliki terobosan, jajaran direksi yang berumur seusia jagung itu malah melakukan langkah yang merugikan para peserta. Yakni, dengan mempergunakan dana peserta dan mengalihkannya sebagai dana stimulant untuk memancing orang lain agar masuk sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Koordinator Nasional Masyarakat Peduli BPJS Hery Susanto menyampaikan, Agus Susanto sebagai Dirut BPJS Ketenagakerjaan malah lebih pada profit oriented.

“Aspek manfaat kepesertaan cenderung diabaikan. Dia membohongi publik dengan modal dana stimulan guna membiayai dan mendistribusi kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk pekerja informal dari berbagai kalangan mulai dari nelayan, gojek, dan lain-lain. Biaya tersebut bersumber dari dana amanah peserta yang dikelola BPJS,” ujar Hery di Jakarta, Jumat (22/04/2016).

Menurut dia, dengan dana stimulan kartu BPJS Ketenagakerjaan itu, dana peserta malah dipergunakan untuk membiayai yang bukan peserta.

Namun, lanjut Hery, setelah pencairan dana stimulan berakhir, hasilnya banyak yang tidak melanjutkan program.

“Tentu ini bisa mengacaukan skema dana amanah BPJS Ketenagakerjaan, yang harus dibayarkan jika terjadi klaim terhadap peserta penerima bantuan kartu BPJS. Sebab, Dirut BPJS Ketenagakerjaan malah mengalokasikannya kepada yang sebenarnya tidak berhak mendapatkan dana stimulus dimaksud,” papar Hery.

Karena itu, Hery mendorong agar segera dilakukan audit terhadap pengelolaan dana BPJS Ketenagakerjaan. Dengan langkah-langkah yang sudah tidak bisa ditolerir oleh para peserta, lanjut Hery, program BPJS Ketenagakerjaan semakin merugikan para pesertanya

“Harus ada audit investigasi dari BPK RI terkait hal itu. Dan, DJSN RI perlu melakukan evaluasi total terhadap kinerja direksi BPJS Ketenagakerjaan,” pungkas Hery.(JR-1)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*