Breaking News

Butuh Percepatan Perekonomian, Mandailing Natal Desak Jokowi Percepat Pembangunan Bandara Strategis Nasional di Bukit Malintang

Butuh Percepatan Perekonomian, Mandailing Natal Desak Jokowi Percepat Pembangunan Bandara Strategis Nasional di Bukit Malintang.

Kaum muda Parsadaan Naposo Bulung Mandailing Natal (Madina) mendesak pemerintahan Jokowi agar menjadikan Pembangunan Bandar Udara Bukit Malintang sebagai Proyek Strategis Nasional.

Kordinator Parsadaan Naposo Bulung Madina Herman Birje menyampaikan, luas wilayah Tapanuli Selatan yang terdiri dari Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Kota Padangsidempuan dan Kabupaten Tapanuli Selatan belum disentuh oleh pembangunan struktur yang memadai.

“Selama ini pembangunan infrastruktur tidak memadai, dan tidak bisa menunjang peningkatan perekonomian daerah,” ujar Herman, dalam siaran persnya, Rabu (18/04/2018).

Dia menyebut, salah satunya infrastruktur Pembangunan Bandara Bukit Malintang yang berada di Kabupaten Mandailing Natal. Padahal, kata Herman, bandara udara merupakan salah satu kunci untuk mengembangkan destinasi wisata dan pemerataan ekonomi.

“Dan sebagai jalan tol udara yang memudahkan untuk mencapai dari dan menuju Mandailing Natal,” ujarnya.

Melihat posisi daerah Madina yang berada pada daerah paling barat dan berbatasan langsung dengan Sumatera Barat, kata dia, Tapanuli Selatan belum memiliki bandara yang menunjang transportasi publik.

“Masyarakat di Madina jika ingin menggunakan pesawat harus melalui bandara internasional Kualanamu, yang menempuh jarak 501.9 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan darat ke sana hingga 12 jam,” tutur Herman.

Bisa juga, lanjut dia, bandara internasional Minangkabau yang menempuh jarak 298,4 km dan membutuhkan waktu 7 jam.

“Atau melalui transit di Bandar Udara Doktor Ferdinand Lumban Tobing di Sibolga, yang menempuh jarak 189,1 kilometer dan membutuhkan waktu 5 jam,” ujar Herman.

Kondisi itulah yang membuat Madina sulit berkembang. Padahal, lanjut Herman, berbagai keindahan alam Bukit Barisan, Taman Nasional Batang Gadis dan hasil bumi kopi Mandailng yang sudah dikenal sampai tingkat internasional, harus ditopang dengan percepatan pembangunan Bandar Udara Bukit Mandiling Natal.

“Karena itu, kami meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk memasukkan Bandar Udara Bukti Malintang sebagai Proyek Strategis Nasional dalam Perpres Nomor 58 tahun 2017 yang baru saja direvisi,” ujarnya.(JR)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*