Breaking News

Buka Porda Jabar, Ridwan Kamil Kepengen Lahirkan Atlit Membanggakan

Buka Porda Jabar, Ridwan Kamil Kepengen Lahirkan Atlit Membanggakan.

Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII/2018 Jawa Barat ditandai dengan pembukaan yang meriah di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu 6 Oktober 2018 malam.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan, pesta olah raga antar kabupaten kota di Jabar itu tak boleh hanya sekadar jadi ajang memburu gengsi melalui raihan medali dengan menghalalkan segala cara.

Dia berharap, fenomena mutasi atlet besar-besaran demi berburu medali yang senantiasa terulang pada setiap edisi Porda bisa dihentikan dengan perubahan paradigma.

Menurut dia, Porda harus dijadikan kompetisi yang mengandalkan potensi-potensi riil setiap kabupaten kota di Jabar. Peserta Porda bisa bertanding secara sportif dan menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran agar melahirkan insan-insan olah raga dan juara sejati.

Ridwan Kamil berharap Porda menjadi kebanggan masyarakat Jawa Barat sekaligus arena untuk menggembleng kualitas atlet hasil pembinaan di Jawa Barat.

Kualitas kompetisi atlet Porda akan memengaruhi pencapaian Jawa Barat pada ajang yang lebih tinggi, yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) sekaligus memberikan kontribusi pada prestasi nasional.

Defile satu persatu kontingen 27 kabupaten kota menjadi rangkaian acara wajib. Mereka bergantian berjalan membawa atribut maupun moto kontingen masing-masing di hadapan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua PB Porda sekaligus Bupati Bogor Nurhayanti, Ketua KONI Jabar Ahmad Saefudin, dan sejumlah tamu penting lainnya.

Sambutan meriah dari penonton juga  diberikan kepada kontingen tuan rumah Kabupaten Bogor yang berkekuatan 919 atlet dengan mengusung target juara umum.

Porda XIII/2018 akan menghadirkan persaingan di antara 9.849 atlet asal 27 kabupaten yang digelar di 41 venue di Kabupaten Bogor sebagai tuan rumah penyelenggara plus 12 venue yang tersebar di Kota Bogor, Cimahi, Depok, Kabupaten Karawang dan Pangandaran.

Memperebutkan 2204 keping medali emas, 2218 perak dan 3001 perunggu pada 879 nomor pertandingan untuk 60 cabor, Porda XIII menjadi Porda dengan jumlah Cabor dan nomor pertandingan terbanyak sepanjang sejarah.

Porda JABAR XIII mengusung moto “Mengukir Prestasi di Bumi Tegar Beriman, Menuju Jawa Barat Berjaya di Tanah Nusantara pada PON Papua 2020”

“Terinspirasi dari Asian Games yang menjadikan Indonesia sebagai energi Asia, Porda ini diharapkan akan mampu menularkan sukses dan semangat yang sama serta melanjutkan sukses PON 2016 yang menggemakan spirit  ‘Berjaya di Tanah Legenda’,” ujar Ketua PB Porda Nurhayanti .

Dia menegaskan, pada Porda XIII/2018 yang akan berlangsung sampai 15 Oktober mendatang ini pihaknya selaku tuan rumah  tidak sekadar menyasar target sukeses penyelenggaraan, melainkan juga sukses dari segi prestasi, administrasi, ekonomi, sekaligus budaya.

“Pertandingan untuk 13 cabang olah raga sudah digelar sejak 1 Oktober. Ini Porda terbesar dengan jumlah cabang olah raga terbanyak dan nomor pertandingan terbanyak. Kami harap lima target yang dicanangkan bisa tercapai,” kata Nurhayanti.

Sementara itu dari klasemen perolehan medali hingga pukul 21.00 WIB kemarin,  tuan rumah Kabupaten Bogor nyaman berada di puncak klasemen dengan raihan 52 medali emas, 37 perak, dan 20 perunggu. Perolehan medali emas Kabupaten Bogor jauh meninggalkan peringkat kedua yang ditempati pemegang 10 gelar juara umum Porda Jabar Kota Bandung yang berada di peringkat ketldua dengan raihan 27 medali emas, 24 perak, dan 32 perunggu.

Juara bertahan Kabupaten Bekasi berada di posisi ketiga dengan 27 emas, 24 perak, dan 39 perunggu. Sementara itu, Kota Bogor membuntuti di peringkat empat dengan 14 medali emas, 7 perak, dan 22 perunggu, diikuti Kabupaten Bandung dengan raihan 7 emas, 13 perak, 11 perunggu.(Apul Iskandar)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*