Breaking News

Bertemu dengan Pihak PT Pelindo I, SBSI Bikin Kesepakatan Bersama Tentang Buruh Kopkarpel UPTK Belawan

Bertemu dengan Pihak PT Pelindo I, SBSI Bikin Kesepakatan Bersama Tentang Buruh Kopkarpel UPTK Belawan.

Nasib ratusan buruh PT Pelindo I Belawan yang sudah melakukan aksi long march Medan-Jakarta sejak Jumat 20 Januari 2017, dengan menempuh jarak 2000-an kilometer, dalam perjalanan memakan waktu 40 hari, serta dilanjutkan aksi damai di depan Istana Negara dan Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta selama 10 hari, kini telah berakhir.

 

Berakhirnya aksi panjang dan melelahkan itu ditandai dengan ditandatanganinya Surat Kesepakatan Bersama dalam pertemuan antara Pihak Koperasi Kasyarawan Pelabuhan (Kopkarpel) UPTK Belawan yang diwakili oleh Ketua Koperasi Widya Gustanto bersama Direktur SDM dan Umum PT Pelindo I M. Hamied Wijaya dengan Ketua Pengurus Komisariat Serikat Buruh Sejahtera Indonesia PT Plindo I dan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (DPP SBSI) Muchtar Pakpahan.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (DPP SBSI) Muchtar Pakpahan menyampaikan rasa syukurnya, karena telah adanya kesepakatan sementara terkait nasib para buruh PT Pelindo I itu.

 

“Alhamdulillah terpujilah Tuhan yang Maha Adil. Ahirnya tadi siang Rabu 8 Maret 2017 bertempat di Jalan Sawo Nomor 31 Menteng, Jakarta Pusat, ditandatangani kesepakatan Direksi PT Pelindo I dengan Ketua PK FIKEP SBSI Pelindo I,” ujar Muchtar Pakpahan dalam pesan singkatnya, Rabu (08/03/2017).

 

Muchtar menjelaskan kronologis pertemuan itu, yakni pada Hari Minggu 5 Maret jam 22.00 WIB, Muchtar Pakpahan mengirimkan pesan lewat whatsapp messenger atau Wa kepada Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

 

“Saya WA ke Hasto Krystianto, Sekjen DPP PDIP. Langsung ditanggapi. Senin 6 Maret seharian saya telepon tidak dijawab. Selasa pagi berkomunikasi dengan stafnya Deddy Sitorus yang lagi ada pertemuan, itu pada Selasa jam 13.00. Pada Hari Rabu jam 10.00 pertemuan pihak direksi dan buruh dimediatori Deddy Sitorus. Jam 13.30 menandatangani kesepakatan,” ujar Muchtar.(JR)

 

Berikut isi Pernyataan Kesepakatan antara Direksi PT Pelindo I dengan SBSI terkait buruh Kopkarpel UPTK Belawan itu;

 

Isi Pernyataan Kesepakatan Bersama Direksi PT Pelindo I dengan SBSI Terkait Buruh Kopkarpel UPTK Pelindo I Belawan

 

Pada Hari Ini Rabu Tanggal 08 Maret 2017 Bertempat di Jalan Sawo Nomor 31, Jakarta Pusat, Kami yang bertanda tangan di bawah ini bersepakat untuk segera menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan Eks Buruh Koperasi Kasyarawan Pelabuhan (Kopkarpel) UPTK Belawan melalui perundingan yang dilakukan dengan prinsip manusiawi, terbuka, adil dan mencari solusi yang terbaik.

 

Untuk itu, Kami bersepakat bahwa Perundingan yang akan datang adalah untuk mendetailkan hal-hal yang sudah menjadi kesepakatan lisan dari peserta rapat sebagai berikut:

  1. Bahwa Kopkarpel akan memenuhi kewajiban terkait hak-hak normatif buruh Kopkarpel yang besaran atau skala dan perinciannya akan menjadi objek perundingan berdasarkan prinsip keadilan bagi buruh dan kemampuan Kopkarpel
  2. Bahwa terkait tuntutan eks buruh Kopkarpel untuk diangkat menjadi pegawai organik Pelindo 1, Pihak Pelindo 1 menyatakan untuk menjadi pegawai organik harus melalui prosedur seleksi penerimaan secara formal, sedangkan eks buruh Kopkarpel menyatakan akan menempuh jalur hukum.
  3. Bahwa Pelindo 1 akan memastikan buruh yang tersisa (+/- 160 orang) akan terserap di lingkungan perusahaan di Pelindo 1 hingga tercapainya putusan hukum
  4. Bahwa Pelindo 1 akan memfasilitasi kepulangan eks buruh Kopkarpel dari Jakarta ke Medan
  5. Bahwasanya eks buruh Kopkarpel dan SBSI akan menjaga suasana kerja yang positif dan profesional ketika ditempatkan kembali di lingkungan Pelindo 1

 

Jakarta, 8 Maret 2017

Para Pihak:

 

Kopkarpel UPTK Belawan, Widya Gustanto (Ketua Koperasi)

PT Pelindo I, M. Hamied Wijaya (Direktur SDM & Umum)

 

Perwakilan Buruh Kopkarpel UPTK Belawan, Oscar Pakpahan (Ketua PK SBSI)

DPP SBSI, Muchtar Pakpahan (Ketua Umum)

 

***(Ditandatangani di atas materai)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*