Breaking News

Badan Otorita Danau Toba Diserahkan Ke Rizal Ramli

Menko Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli: Bersihkan Danau Tobanya dari keramba agar tidak kotor dan bau airnya.

Danau toba menjadi satu dari 10 destinasi unggulan wisata yang tengah dikembangkan pemerintah. Hal ini yang menjadi komitmen pemerintah dimana 40 tahun kita hanya menunggu Danau Toba dapat di kembangkan namun tidak kesampaian.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli menyampaikan, sebagai bentuk keseriusan dan komitmen Presiden terhadap pengembangan wisata Danau Toba, kita membentuk Badan Otorita Danau Toba (BODT) yang tujuannya agar pengembangan wisata Danau Toba tidak bertele-tele dan bisa berjalan cepat.

“Badan ini berbentuk Badan Layanan Umum yang secara fleksibel mencari pendanaan sendiri, dapat juga menerima pinjaman, dan asetnya dapat dilimpahkan. Badan Otorita yang dibentuk pemerintah ini akan bertugas selama 25 tahun dengan opsi bisa diperpanjang jika pemerintah menghendaki perpanjangan tersebut,” ujar Rizal dalam acara “Malam Budaya Menyongsong Badan Otorita Danau Toba” di Auditorium BPPT, Jakarta Pusat, Rabu (25/05/2016).

Menurut Rizal, komponen pendukung agar Danau Toba menjadi wisata dunia telah kita lakukan salah satunya dengan mengaktifkan bandara sibolangit untuk membantu turis yang hadir ke Danau Toba.

“Jadi kita sudah membuka jalur udara untuk para turis yang ingin berwisata ke Danau Toba, tinggal kita membuka jalur darat atau jalan ringkrut dalam dan luar pulau Samosir dan juga lainnya,” ucapnya.

“Tapi yang pasti kita juga akan bersihkan danau tobanya dari keramba agar tidak kotor dan bauk airnya,” ujarnya.

Dalam acara ini, para Bupati akan menyerahkan sepenuhnya penanganan pariwisata Danau Toba kepada Badan Otorita. Mereka secara kompak mendukung BODT mengembangkan wisata Danau Toba demi perbaikan ekonomi warga sekitar.

“Diharapkan dengan penyerahan ini, BODT bisa segera bekerja dan Danau Toba bisa dibanjiri wisatawan lokal maupun asing,” ujarnya.‎

Acara ini juga turut dihadiri oleh (Plt) Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, dan tujuh Bupati yang memimpin wilayah sekitar Danau Toba. Ketujuh Bupati itu antara lain, Bupati Samosir Radipin Simbolon, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Bupati Dairi Jhonny Sitohang Adinegoro, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Bupati Simalungun Jopinus Ramli Saragih dan Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor.(Richard)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*