Breaking News

Antisipasi Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla), KLHK Sebar Satgas Dan Relawan

Antisipasi Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla), KLHK Sebar Satgas Dan Relawan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengabarkan titik kebakaran hutan dan lahan di tahun 2017 bertambah. Jumlah titik api dari data Posko Nasional Pengendalian Hutan dan Lahan (PKHL), KLHK bertambah sebanyak 108.

 

Kasubdit PKHL, Sumarno mengatakan, berdasarkan pantauan satelit NOAA19, sejak 1 Januari hingga 7 Agustus 2017, dilaporkan dilaporkan sebanyak 1.341 titik yang ditemukan. Sementara itu, pada tahun 2016 jumlah titik api yang ditemukan dari satelit tersebut sebanyak 1.295.

 

“Jumlah titik api ditahun 2016 sebanyak 1.295. Saya kira, jumlah titik api tahun ini juga tidak terlalu jauh dari tahun lalu,”kata Sunarno, di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jalan Jendral Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (8/8/2017).

 

Ia mengatakan, Kementerian LHK melalui Satuan Manggala Agni terus melakukan patroli untuk mantau kebakaran hutan dan lahan. Para personil Manggala Agni tersebut tersebar di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

 

Menurut dia, jumlah keseluruhan personil Manggala Agni yang tersebar di beberapa wilayah tersebut sebanyak 1980. Para personil  Manggala Agni, lanjutnya, terus melakukan patroli terpadu di beberapa provinsi yang rawan kebakaran hutan dan lahan, seperti Riau, Sumatera Selatan dan Kalimatan.

 

Selain itu, elemen masyarakat yang menamakan diri sebagai Masyarakat Peduli Api (MPA) yang ikut membantu memadamkan api.

 

“Banyak juga masyarakat yang mau membantu kita. Seperti Masyarakat Peduli Api (MPA) mereka ini kita tidak bayar. Kita hanya beri pelatihan dasar saja,” tuturnya.(Nando)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*