Breaking News

Aneh, Buruh Didaftarkan Ke BPJS Ketenagakerjaan Tidak Sesuai Upah Yang Diterima

Aneh, Buruh Didaftarkan Ke BPJS Ketenagakerjaan Tidak Sesuai Upah Yang Diterima.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Surabaya, Jawa Timur mengikutsertakan buruh penerima upah di bawah Upah Minimum Kota (UMK) sebagai peserta.

 

Puluhan buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) di  PT Capitol Center Surabaya mengaku masih diberikan upah jauh di bawah UMK.

 

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC SBSI) Surabaya, Wiwin mengatakan, dalam lima tahun terakhir sudah melaporkan upah yang mereka terima kepada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya.

 

“Para anggota SBSI Surabaya dalam kepesertaan Jamsostek dan BPJS dalam lima tahun terakhir kami laporkan upahnya ke BPJS mengenai upah mereka yang jauh di bawah UMK. Tapi BPJS tetap menerima kepesertaan dengan laporan kami,” kata Wiwin saat dikonfirmasi, Senin (03/04/2017).

 

Jumlah upah yang diterima oleh buruh PT Capitol Center sebesar Rp 2,4 juta. Sementara besar UMK kota Surabaya baya yang ditetapkan oleh pemerintah Kota Surabaya adalah sebesar Rp 3.296.212,50.

 

Sebelumnya, mereka juga sudah melaporkan hal itu kepada pimpinan cabang PT Capitol Center. Namun pihak perusahaan tidak menggubris.

menurut Wiwin, mereka sudah pernah mengkonsultasikan hal itu dengan BPJS Kota Surabaya.

 

“Kemudian  konsultasi dengan BPJS Surabaya. Pihak BPJS Surabaya menyatakan seharusnya BPJS  menolaknya,” ucap Wiwin.

 

Ia mencurigai adanya permainan yang dilakukan oleh pihak perusahaan dengan BPJS, karena hingga saat ini pihak BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya masih mengikut sertakan mereka peserta.

 

Wiwin mengungkapkan, mereka juga sudah mendatangi BPJS Ketenagakerjaan pusat dan melaporkan persoalan tersebut. Setelah melaporkan hal tersebut, buruh PT Capitol Center mendapat intimidasi dari pihak perusahaan.

 

Rencananya mereka akan melaporkan hal ini ke Mabes Polri dalam waktu dekat.

 

“Bahwa atas hal-hal tersebut SBSI  akan melaporkanke Mabes Polri atas persekongkolan jahat penyalahgunaanjabatan dan wewenang dalam minggu ini minggu ini,” pungkasnya.(Nando)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*